Pemkab Meranti Launching Dan Taja Advokasi Pembentukan Desa Ramah Perempuan Dan Peduli Anak

Pemkab Meranti Launching Dan Taja Advokasi Pembentukan Desa Ramah Perempuan Dan Peduli Anak

Metroterkini - Diawal tahun, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kepulauan Meranti menggelar Launching dan advokasi pembentukan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Kamis (04/01/2024) di Ballroom Afifah Jalan Banglas Selatpanjang.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Dan Pembangunan Randolph Willy, H, S.Pi, M.Si

Dalam Sambutannya, dirinya mengatakan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak adalah inisiatif untuk menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, dan mendukung bagi perempuan dan anak-anak.

"Untuk itu, Melalui advokasi pembentukan desa ini, kita berkomitmen untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan keluarga," katanya.

Dirinya mengajak bersama-sama meningkatkan kesadaran akan hak-hak perempuan dan anak-anak, serta memberdayakan mereka untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Karena, Desa yang ramah perempuan adalah desa yang melibatkan perempuan dalam pengambilan keputusan, memberikan akses yang adil terhadap pendidikan dan kesehatan, serta melindungi mereka dari segala bentuk kekerasan.

"Peduli terhadap anak-anak juga merupakan tugas bersama kita. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan fisik, mental, dan emosional anak-anak, kita memberikan landasan yang kokoh bagi generasi penerus. Mari bersama-sama menjadi teladan dalam mendidik anak-anak untuk menciptakan masa depan yang lebih baik," ajaknya.

Selain itu, dirinya juga kembali mengajak seluruh elemen masyarakat, pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan semua warga untuk berkolaborasi dalam mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

"Dengan bersatu tangan, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berdaya bagi setiap individu di Kabupaten. Semoga seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Kepulauan Meranti bisa menjadi Desa yang Ramah Perempuan dan Peduli Anak," ajaknya kembali.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Sukri menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka mempercepat terwujudnya pembangunan berkelanjutan (SDGs) kelima. Yaitu kesetaraan gender serta mewujudkan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Serta pembangunan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan," sebutnya.

Disela-sela Kegiatan, dilaksanakan launching terhadap 5 desa yang ditunjuk sebagai Pilot Project DRPPA Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2024,  yaitu :
1. Kelurahan Selatpanjang Selatan Kecamatan Tebing Tinggi
2. Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi
3. Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat
4. Desa Tanjung Kecamatan Tebing Tinggi Barat
5. Desa Sei. Gayung Kiri Kecamatan Rangsang.

Sekedar informasi, turut tampak hadir dalam kegiatan Fasilitator Daerah DRPPA Provinsi Riau Dra. Devi Rusanti, MM dan Ira Novianty, SKM, M.Si, Kepala Dinsos P3AP2KB Kepulauan Meranti Sukri SE, Kabid PPPA Desy Mustika, Kanit UPT. PPA dan peserta yang hadir sebanyak 42 orang terdiri dari Ketua TP. PKK Kabupaten Kepulauan Meranti yang mewakili, Kepala Desa dan Lurah serta Aparatur Pemerintah Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarkat , BPD, Forum Anak. [Wira]

Berita Lainnya

Index