71 Desa di Kepulauan Meranti Serahkan Berkas ADD Tahap 8

71 Desa di Kepulauan Meranti Serahkan Berkas ADD Tahap 8
Kabid Pemerintahan Desa Dani Suhanda

Metroterkini - saat ini ada sebanyak 71 Desa di Kepulauan Meranti yang sudah menyerahkan berkas untuk pencairan anggaran dana desa (ADD) tahap 8 untuk bulan September dan Oktober.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kepulauan Meranti melalui Kabid Pemerintahan Desa Dani Suhanda, pada Kamis (23/11/2023) sore.

"Hingga sore ini sudah ada sebanyak 71 Desa yang menyerahkan berkas pengajuannya proposalnya ke kita," Terang Dani Saat ditemui diruang kerjanya.

Dari jumlah tersebut, dikatakan Dani sebanyak 54 berkas dari Desa sudah diserahkan ke Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kepulauan Meranti.

"54 berkas proposal itu sudah diajukan ke BPKAD Meranti, melalui verifikasi kelengkapan berkas dan pengantar dari kita, dan sedangkan untuk 17 sisanya masih belum karena baru terkumpul jam 15.00 wib tadi, insyaallah pagi kita siapkan," Katanya.

Disamping itu, dari 25 Desa yang belum mengantarkan berkas proposal pencairan tahap tersebut, dirinya mengharap agar sesegera mungkin mengurusnya.

"Upaya sudah kita lakukan dengan memberikan himbauan kepada desa yang belum mengantarkan proposal pencairan ADD ke Dinas PMD," Harap Dani.

Dijelaskan Dani, selain memberikan himbauan, dirinya juga mencari tahu apa kendala yang dihadapi para Kepala Desa (Kades) hingga belum melakukan pengajuan berkas proposalnya.

Lanjut Dani, setelah ditanyakan ada beberapa kendala yang dihadapi pihak desa, salah satunya belum rampungnya pencairan untuk tahap ke 7.

"Info yang kita dapat memang belum selesainya pencairan untuk tahap ke 7 yang  dilakukan BPKAD kepada Desa itu, makanya belum bisa mengajukan," Jelas Dani.

"Mekanismenya itu kan, harus selesai tahap  sebelumnya dan masuk ke rekening Desa untuk di SPJ kan dan barulah bisa lanjut mengajukan tahap selanjutnya," Tambahnya.

Melihat waktu yang mepet serta pencairan ADD untuk desa di Kepulauan Meranti baru akan terealisasi semua tahap 7, Dani Suhanda Optimis  pencairan tahun ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

"Gambarannya kalau dalam minggu ini bisa terselesaikan tahap 7, bisa saja tahap 8 selesai di akhir November ini, dan jika dana itu tersedia nantinya di bulan Desember bisa di cairkan lagi untuk tahap selanjutnya. Nah kalau untuk tersedia atau tidaknya dana itu nanti kewenangan BPKAD yang menjawab," Jelas Dani.

Sekedar informasi, untuk satu bulan pencairan ADD, Pemkab Kepulauan Meranti harus menggelontorkan dana setidaknya 5 miliar lebih, dimana dalam kucuran dana itu mencakup biaya gaji kepala desa dan perangkat, biaya operasional dan juga biaya iuran BPJS Ketenagakerjaan. [Wira]

Berita Lainnya

Index