Terbaru, Empat Kades Aktif di Kepulauan Meranti Ikut Nyaleg

Terbaru, Empat Kades Aktif di Kepulauan Meranti Ikut Nyaleg
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kepulauan Meranti Sukirno

Metroterkini - Hingga Saat Ini ada sebanyak empat Kepala Desa (Kades) aktif di Kepulauan Meranti yang bakal maju menjadi calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti dalam pemilu 2024 mendatang.

Hal itu sebagaimana disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kepulauan Meranti Sukirno melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dani Suhanda.

Dikatakannya, sebetulnya ada lima kades aktif yang bakal mengundurkan diri untuk mengikuti calon legislatif (Caleg) di Pemilu 2024 mendatang, namun satu Kades telah mencabut surat pengunduran dirinya untuk keikut sertaannya.

"Ada lima Kades, namun satu Kades yakni Kades Kedaburapat tidak jadi ikut nyaleg dan surat pengunduran dirinya juga sudah dicabut dan digantikan dengan surat pembatalan sesuai mekanisme yang kita terima," Terang Dani, saat ditemui di ruang kerjanya, pada Jum'at (04/08/2023) siang.

Dibeberkan Dani, Ke empat Kades yang dimaksud tersebut yakni Jumir Kepala Desa Insit Kecamatan Tebingtinggi Barat, Sutrisno Kepala Desa Kudap Kecamatan Tasik Putri Puyu, H Fadil Kepala Desa Dwi Tunggal dan Edy Amin Kepala Desa Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi.

Dikatakan Dani, saat ini keempat Kades yang akan maju pada pemilihan legislatif tersebut masih berstatus Kepala Desa aktif hingga keempat Kades tersebut menerima SK pemberhentian.

"Saat ini mereka status masih Kades Aktif, hingga SK pemberhentian itu diterimanya," kata Dani.

Dijelaskannya, SK pemberhentian untuk Kades tersebut akan dilakukan sebelum adanya penetapan resmi calon legislatif dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti.

"Dimomen 17 Agustus ini kades tersebut masih berstatus Kades aktif untuk memimpin di masing-masing desanya, dan insyaallah sebelum ada penetapan KPU kita lakukan pemberhentian Kades sekaligus penunjukan PJ untuk pengganti," Jelasnya. [Wira]

Berita Lainnya

Index