PKS PT Sari Lembah Subur di Pelalawan Terancam Digugat Penggiat Lingkungan

PKS PT Sari Lembah Subur di Pelalawan Terancam Digugat Penggiat Lingkungan

Metroterkini.com - Pabrik kelapa sawit (PKS) PT Sari Sawit Lembah Subur di desa Genduang Kcamatan Pangkalan Lesung Pelalawan Riau, terancam digugat oleh aktivis. Perusahaan diduga membuang limbah melalui parit buatan yang mencemari lingkungan.

Dari investigasi LSM Lingkungan dan awak media, Selasa 9 Mei 2023 lalu seperti dikutip dari media ini, diduga limbah cair pabrik tersebut sengaja dialirkan dari kolam penampungan limbah dengan pipa siluman.

Disini juga  ditemukan parit buatan untuk mengalirkan limbah cair pabrik menuju rawa-rawa di kebun milik warga. Saat hujan akan banjir buangan limbah ini mengalir ke sungai Kerumutan Pelalawan.

Terkait temuan itu, Amri dari AJPLH (Aliansi Jurnalis Penyelamat Lingkungan Hidup ) akan segera membuat laporan ke dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan dan bila perlu ke Gakkum KLHK.

“Benar secepatnya kita bersama TIM AJPLH Kabupaten Palelawan akan membuat laporan ke DLH Pelalawan terkait dugaan pengaliran limbah cair yang dilakukan PT. SLS," tuturnya dikutip media ini, Kamis (18/5/23).

Sambungnya, pihaknya telah menyurati pihak perusahaan meminta klarifikasi terkait pencemaran lingkungan tersebut. "Sampai hari ini kita masih menunggu jawaban resminya”.

“Jika tidak ada tanggapan baik dari dinas terkait maupun pihak perusahaan kita akan melakukan gugatan legal standing ke PN Negeri Pelalawan melalui organisasi lingkungan hidup,” tambahnya. [**]

Berita Lainnya

Index