BMKG Peringatan Banjir Rob di Kepri, Warga Diminta Waspada

BMKG Peringatan Banjir Rob di Kepri, Warga Diminta Waspada

Metroterkini.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kelas I Hang Nadim Batam mengeluarkan peringatan dini banjir rob. Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang diperkirakan terdampak banjir rob yakni Batam, Bintan, Tanjungpinang, Lingga dan Karimun.

"Akibat adanya pasang air laut dan curah hujan tinggi di wilayah Kepri pada tanggal 5-11 Februari 2023," kata Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam, Debora Truly Marpaung, Minggu (5/2/2023).

Wilayah kota Batam yang diperkirakan BMKG terdampak terdampak banjir rob yakni Kecamatan Batu Aji, Batu Ampar, Sekupang, Nongsa dan sekitarnya. Untuk kabupaten Bintan, banjir rob diperkirakan terjadi di pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur dan Kota Tanjungpinang dan sekitarnya.

"Pada wilayah Kabupaten Karimun banjir Rob terjadi di pesisir Kecamatan Meral, Kelurahan Pamak dan sekitarnya. Kabupaten Lingga diperkirakan di pesisir Kecamatan Singkep Barat, Singkep Pesisir, Senayang, Selayar dan sekitarnya," ujarnya.

"Dengan adanya potensi banjir rob ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," tambahnya.

Dengan adanya potensi banjir rob, BMKG meminta masyarakat di sekitar pesisir, bantaran sungai dan daerah yang lebih rendah agar tetap waspada dan siaga. Hal itu untuk mengantisipasi dampak dari pasang laut maksimum, seperti adanya genangan.

"Untuk mengantisipasi dan siaga dari dampak pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,"
Sebutnya. [**]

Berita Lainnya

Index