Diguyur Hujan, Giliran Sebagian Wilayah Batam Terendam Banjir

Diguyur Hujan, Giliran Sebagian Wilayah Batam Terendam Banjir

Metroterkini.com - Hujan deras mengguyur Kota Batam, Kepri sejak pagi hari. Akibatnya sejumlah ruas jalan tergenang banjir , Salah satunya Jalan Hang Tuah, arah Bandara Hang Nadim.

Dilansir dari detik, Rabu (25/1/2023), Jalan Hang Tuah terendam banjir setinggi paha orang dewasa. Mobil yang melintas dialihkan menuju perumahan Bida Asri 2, Batam Kota. Terlihat beberapa kendaraan roda empat dan roda dua nekat menerobos dan mengalami mogok.

Islahuddin, salah seorang warga perumahan Bida Asri 2, mengatakan Jalan Hang Tuah tersebut terendam banjir mulai siang hari. Ia mengatakan beberapa kendaraan sempat mogok akibat memaksa menerobos genangan banjir.

"Mulai siang tadi sudah mulai tergenang banjir. tadi banyak mobil dan motor yang coba terobos tapi mogok tapi beruntung di bantu warga dan petugas polisi sehingga bisa cepat dievakuasi . Polisi juga cepat mengalihkan kendaraan," kata Islahuddin.

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto yang berada di lokasi banjir mengatakan ada beberapa ruas jalan di Batam digenangi air yakni Jalan Hang Tuah, Jalan Raja Isa, Jalan Sudirman, Jalan Engku Putri, Jalan Brigjen Katamso dan Tanjung Sengkuang.

"Lokasi lain sudah mulai berangsur surut. Tapi saat ini yang masih tergenang air di Jalan Hang Tuah arah menuju Bandara Hang Nadim," kata Tri, Rabu (25/1/2023).

Tri menyebut karena genangan air di Jalan Hang Tuah, pihaknya mengalihkan jalur kendaraan ke arah perumahan Bida Asri2 menuju Jalan Ali Kelana. Selain itu juga kepolisian menerjunkan sebuah mobil penyedot air untuk mengurangi debit air.

"Jajaran personel Polda Kepri juga sudah mengupayakan mengurangi debit air yang meluas ke ruas jalan depan Bida Asri 2 dengan menggunakan mobil penyedot pompa air dari Ditsamapta Polda Kepri. Alhamdulilah mengalami penyusutan 20-30 centimeter, sehingga pelan-pelan membuka arus lalu lintas mengarah ke Bandara," ujarnya.

Tri menyebut puluhan personel Ditlantas Polda Kepri dan Satlantas Polresta Barelang diterjunkan untuk mengatur lalu lintas di sejumlah wilayah. Ia juga meminta masyarakat yang berkendara roda dua dan roda empat agar berhati-hati.

"Kondisi cuaca saat ini kurang bersahabat sehingga diharapkan agar lebih waspada dan tidak boleh ngebut karena kondisi jalan licin. Serta upayakan mencari jalan alternatif untuk menghindari jalan yang terendam banjir," ujarnya. [**]

Berita Lainnya

Index