Kelebihan Sepeda listrik, Salah Satunya Tak Merusak Lingkungan

Kelebihan Sepeda listrik, Salah Satunya Tak Merusak Lingkungan
sepeda listrik

Metroterkini.com - Sepeda listrik menjadi salah satu alternatif moda transportasi yang bisa dipilih di dunia modern ini. Alat transportasi ini digadang-gadang lebih ramah terhadap lingkungan karena rendah emisi dan memiliki bentuk yang ramping sehingga cocok digunakan di perkotaan yang cenderung padat dengan kendaraan bermotor dan rawat kemacetan. Sepeda listrik membuat pengendara bisa cepat sampai di tujuan tanpa hambatan yang berarti.

Sepeda listrik sedikit berbeda dengan sepeda lipat atau sepeda kayuh pada umumnya. Sepeda listrik menggunakan penggerak berupa baterai sehingga lebih efisien saat mengayuh sepeda, terutama saat berada di jalan tanjakan. Harga sepeda listrik elektrik juga tidak terlalu mahal, cukup terjangkau daripada membeli motor listrik.

Jika kamu sudah butuh moda transportasi sepeda listrik tapi belum punya uang cash, lebih baik ajukan pinjaman online langsung cair hari ini juga di SPinjam. Begitu yang ada di tangan kamu bisa segera membeli sepeda idaman di Shopee. Nah, berikut ini adalah kelebihan sepeda listrik yang wajib kamu ketahui sebelum membelinya.

Sepeda Listrik itu Ramah Lingkungan

Sebagaimana kita ketahui bersama, sepeda listrik tidak membutuhkan bahan bakar bensin atau minyak bumi untuk mengoperasikannya. Kendaraan ini hanya membutuhkan listrik yang dimasukkan ke dalam baterai sehingga tidak menimbulkan asap yang bisa menyebabkan polusi. Jelas terbukti kan kalau sepeda listrik ini lebih ramah lingkungan.

Mengurangi Efek lelah Akibat Mengayuh

Kondisi fisik tiap orang tidak sama antara satu dan lainnya, terutama saat berolahraga ataupun usia manula. Ada yang kuat mengayuh di jalan tanjakan, ada juga yang sudah terengah-engah walaupun mengayuh di jalan landai. Untuk meminimalisir kelelahan ini maka diciptakan sepeda listrik

Sepeda listrik ini dapat meminimalisir kelelahan akibat mengayuh pedal terlalu lama. Bahkan sepeda listrik yang berjenis lipat bisa digunakan sebagai moda transportasi efektif setiap hari tanpa membutuhkan ruang penyimpanan yang memakan tempat seperti mobil maupun motor.

Bisa Dipakai Oleh Semua Orang

Alat transportasi ini bisa dipakai oleh semua orang baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kamu tidak perlu mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi) saat mengendarai sepeda listrik karena kecepatannya maksimum berkisar di 30-40 Km per jam. Untuk alat transportasi jarak dekat, jelas sepeda listrik bisa jadi andalan, utamanya untuk mengurangi polusi dalam kota. 

Untuk faktor keamanan, ada baiknya untuk tetap mengenakan helm sepeda saat mengendarai sepeda listrik. Walaupun tidak diwajibkan dalam peraturan di Indonesia, beberapa negara sudah mewajibkan pemakaian helm bagi penggunaan sepeda listrik ini.

Bisa Menempuh Jarak Hingga 40-50 Km Sekali Charge

Apabila kamu menggunakan sepeda listrik untuk moda transportasi jarak dekat dan tidak melakukan aktivitas mengayuh yang berat, maka sepeda listrik ini bisa kamu gunakan dalam tempo dua hari untuk sekali waktu charge. Setiap pengisian daya memungkinkan kamu untuk mencapai jarak 40-50 Km. Sangat disarankan melakukan pengisian daya di malam hari supaya sepeda listrik bisa dipakai di keesokan harinya tanpa takut kehabisan baterai.

Biaya Pemeliharan yang Terjangkau

Bisa dibilang biaya pemeliharan sepeda listrik ini jauh lebih murah dari biaya perawatan motor berbahan bakar bensin. Memang bengkel sepeda listrik belum terlalu banyak di tanah air, namun karena perawatan yang mudah, nyaris tidak ada kendala berarti dari sepeda listrik. 

Bisa Mengangkut Beban maksimal 125 Kg

Buat kamu yang memiliki bisnis, sepeda listrik ini juga bisa membawa beban yang cukup berat hingga 125 kg. Cocok untuk dipakai berjualan kopi keliling atau bahkan antar barang dalam jarak dekat. 

Sayangnya, apabila kamu membawa beban terlalu berat atau di atas 125 kg, dapat memperpendek usia Accu dan menghabiskan daya listrik yang lebih banyak. Oleh karena itu batasi berat yang dibawa menggunakan sepeda listrik.

Harga Sepeda Lipat Elektrik

Pesan pertama saat akan membeli sepeda listrik adalah jangan tergiur oleh harga yang murah. Pastikan sepeda listrik yang dipilih memang benar-benar berkualitas. Kamu juga bisa membandingkan harga sepeda lipat yang satu dan yang lainnya di marketplace kesayangan. 

Lalu, berapa sih kisaran harga sepeda lipat elektrik yang memiliki kualitas yang baik? Sebenarnya harga sepeda lipat listrik ini bergantung pada model, spesifikasi, serta kualitas bahan rangka. Kamu bisa memiliki sepeda lipat listrik dengan kualitas yang baik dengan merogoh kocek di kisaran harga Rp 6 juta ke atas. 

Sepeda Lipat Listrik Harga Terjangkau untuk Kegiatan Sehari-hari

Itu dia berbagai kelebihan sepeda listrik yang wajib kamu ketahui. Agar belanja sepeda listrik jadi lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale pada 14 November-12 Desember 2022! Ada Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon s/d 90%, dan Rezeki Nama Diskon s/d 50RB yang bisa bikin belanja jadi terasa semakin menguntungkan.

Buruan manfaatkan promo besar-besaran birthday sale akhir tahun ini untuk membeli barang impian kamu. Selamat berbelanja!

 

Berita Lainnya

Index