Muktarom: Pendidikan dan Kesehatan Perlu Diperhatikan

Muktarom: Pendidikan dan Kesehatan Perlu Diperhatikan
Muktarom DPRD Siak

Metroterkini.com - Fraksi Kebangkitan Pembangunan DPRD Kebupaten Siak, menyampaikan tanggapan pidato Nota Keuangan Rancangan Anggaran Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2023 dan 2 (dua) Rencana Peraturan Daerah Kabupaten Siak Tahun 2022.

Ketua Fraksi Kebangkitan Pembangunan DPRD Kab. Siak Muktarom, S.Ag, Sekretaris Fraksi Zulfaini dalam Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2023 Sekaligus Penyampaian 2 (Dua) Raperda Kabupaten Siak, Senin (14/11/2022).

Rapat Paripurna berlangsung di Ruang Rapat Putri Kacang Mayang DPRD Kabupaten Siak, Rapat di pimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, SE, diikuti Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Siak Fairus, S. Ag, serta dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Siak dan Unsur Forkopimda Kabupaten Siak.

Dalam tanggapan Fraksi Kebangkitan Pembangunan berdasarkan dari pemaparan kondisi umum Nota Keuangan Rencana Anggraran Pendapatan Belanja Negara Daerah (RAPBD) tahun 2023, dan pengajuan 2 (Dua) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Siak tahun 2022 menyampaikan tanggapanya terkait kenaikan Pendapatan Anggaran Daerah Kabupaten Siak di tahun 2023 ini  sebesar 17,14 Persen atau Rp. 354.680.002.587 dengan total Perndapatan Anggaran Daerah Kabupaten Siak tahun 2023 sebesar Rp. 2.423.642.356.935.

Hal itu jika dibandingkan pada tahun 2022 hanya sebesar Rp. 2.068.962.354.348 . "Ini tentunya adanya post-post anggaran yang signifikan kenaikannya dan kami mengharapkan agar kenaikan tersebut benar benar sejalan dengan RPJMD kepala daerah. Disamping itu juga kami mengharapkan agar kegiatan rutin yang kurang menyentuh dan kurang berefek untuk dapat dievaluasi lagi dengan kata lain post-post anggaran yang setiap tahunnya hanya membebankan anggaran APBD Kabupaten Siak," ungkap Muktarom, S.Ag.

Dalam bidang pendidikan Fraksi Kebangkitan Pembangunan meminta agar pemerintah melakukan pendataan kondisi rill asset bangunan sekolah-sekolah agar bisa diprogramkan mana yang perlu dilakukan perehaban dan pembangunan dan mana yang tidak.  "Jangan menunggu rusak parah baru ditanggani sehingga menganggu kenyamana siswa siswi dan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran disekolah," tambahnya.

Selain itu, Pelayanan Retrebusi Kesehatan selalu ada nilai kenaikan setiap tahunnya baik pada pendapatan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Tengku Rafian dan beberapa Puskesmas di Kabupaten Siak. Namun BLUD RSUD T. Rafian dan 15 Puskesmas ditahun 2023 mengalami penurunan yang signifikan.

Terkait usulan pengajuan 2 (dua)  Ranperda sesuai hasil rapat badan pembentukan Peraturan Daerah tanggal 10 november 2022, Kami fraksi Kebangkitan Pembangunan sangat mendukung Pemerintah Daerah dalam melaksanakan urusan wajib Peraturan Daerah tersebut :

Rancangan peraturan Daerah Kabupten Siak tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, Fraksi Kebangkitan Pembangunan DPRD Kebupaten Siak menyambut baik usulan tersebut. "Namun kami melihat perlu adanya kajian-kajian yang mendalam terkait penetapan status disabilitas, dan perlunya masukan masukan dari elemen masyrakat  khususnya tentang pelaksanaan dilapangan nantinya".

Sementara Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Siak Tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Siak Tahun 2021-2041, Fraksi Kebangkitan Pembangunan DPRD Kebupaten Siak, menganggap bahwa pemerintah Kabupaten Siak sedikit terlambat. Karena tahun 2023 memasuki isu resesi dunia. "Namun harapan kami itu tidak menjadikan kita melemah dalam upaya mewujudkan program tersebut," Muktarom, S.Ag. [ibrahim]

 

Berita Lainnya

Index