Begini Cerit Bayi Lahir Kepala Putus di Riau Juga Alami Hidrosefalus

Begini Cerit Bayi Lahir Kepala Putus di Riau Juga Alami Hidrosefalus

Metroterkini.com - Bayi di Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau lahir dengan kondisi kepala terputus dan tertingal di dalam rahim ibunya. Selain sungsang, buah hati Khaidir dan Nova Hidayati itu ternyata mengalami hidrosefalus.

"Bayi ini sungsang atau kategori lahir tidak normal, jadi harus dokter spesialis," terang pengacara keluarga Khaidir, Hendri Irawan, Kamis (1/9/2022).

Selain sungsang, bayi ternyata mengalami kelainan medis. Hal itu diketahui sejak ada dalam kandungan dan hasil kontrol rutin di dokter kandungan.

"Bayi ini ada kelainan waktu diperiksa di dokter kandungan. Alami hidrosefalus," kata Hendri.

Melihat hasil tersebut, dokter kandungan sudah menyarankan persalinan caesar. Namun karena proses BPJS, Nova harus lebih dulu mendapat rujukan Puskesmas Gajah Mada.

"Dokter kandungan sudah menyarankan persalinan caesar. Namun karena sistem mekanisme BPJS harus ke puskesmas dulu, ya dibawalah ke puskemas. Tetapi seharusnya puskesmas jangan ada lagi tindakan, langsung rujuk saja," katanya.

Akibat tindakan medis itu, bayi berjenis kelamin perempuan tersebut putus kepala. Sebab, pantat bayi juga sudah keluar saat tiba di Puskesmas Gajah Mada.

Diketahui, nasib tragis menimpa pasangan suami istri Nova dan Khaidir. Bagaimana tidak, kepala bayi Nova putus saat proses persalinan di Puskesmas.

Nova awalnya menjalani proses persalinan di Puskesmas Gajah Mada, Jumat (26/8) malam. Proses persalinan dilakukan di UGD setelah Nova mengalami pecah air ketuban.

Setibanya di puskesmas, Nova langsung ditangani tenaga kesehatan. Namun tak disangka, bayi yang dilahirkan justru tidak utuh alias putus di bagian kepala.

Insiden itu sontak membuat Khaidir kaget. Nova pun akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada untuk mendapat penanganan medis. [**]
 

Berita Lainnya

Index