Dinas PUPR Bengkalis Gelar Pelatihan Sertifikasi Petugas K3 Kontruksi

Dinas PUPR Bengkalis Gelar Pelatihan Sertifikasi Petugas K3 Kontruksi
Plt sekretaris PUPR Bengkalis Erdila Fitriadi menyampaikan kata sambutan dan sekaligus membuka pelatihan

Metroterkini.com – Pemerintah kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan (PUPR) melaksanakan kegiatan Sertifikasi Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kontruksi. Kegiatan tersebut digelar di Aula Kantor PUPR Bengkalis, Jalan Pertanian, Sabtu (18/06/2022).

Kegiatan ini kerjasama Dinas PUPR Bengkalis dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Gabungan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia (LSP- GATAKI) Konstruksi Mandiri Provinsi Riau dan Bidang Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau.

Hadir sebagai narasumber Suharmoko Wirawan dari LSP-GATAKI Konstruksi Mandiri Riau. Kegiatan yang dibiayai APBD Kabupaten Bengkalis itu diikuti sebanyak 80 peserta yang terdiri dari pegawai Dinas PUPR Bengkalis dan penyedia jasa.

Kepala Dinas PUPR Ardiansyah diwakilkan Plt Sekretaris Erdila Fitriadi dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada lembaga sertifikasi profesi GATAKI Kontruksi Mandiri Provinsi Riau, Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau atas pelaksanaan kegiatan ini. 

Dikatakannya, pelatihan ini akn memberikan manfaat bagi Dinas PUPR atas kerjasama yang terjalin selama ini. Ia yakin dan percaya, diselenggarakan uji kompetensi bagi petugas keselamatan dan kesehatan kerja kontruksi dapat meningkatan kehati-hatian, profesionalisme dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kontruksi di lapangan.

“Kegiatan pelaksanan sertifikasi tenaga kerja kontruksi bersumber dari Anggaran Badan Nasional Sertifikasi Profesi tahun 2022, artinya kegiatan ini memang pola kemitraan yang dilakukan oleh Dinas PUPR kabupaten Bengkalis dengan PUPR Provinsi Riau,” ungkap Erdila. 

Menurut Erdila, kegiatan ini merupakan hal yang positif untuk meningkatkan profesionalisme SDM yang bekerja di bidang kontruksi di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis.

“Ini bisa memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan profesionalisme terhadap SDM yang bekerja di bidang kontruksi di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis,  karena secara umum sekarang ini semua tenaga-tenaga ahli harus memiliki sertifikasi jasa kontruksi, sekarang di bidang pemberdayaan juga pendampingan harus punya sertifikasi terhadap keahlian kerja di lapangan. Jadi ini merupakan hal yang positif untuk pelaksanaan kedepannya,” pungkas Erdila

Turut menghadiri pada pembukaan Kegiatan Sertifikasi K3 Kontruksi tersebut Kabid Bina Kontruksi Budi Rezeki, Kabid Bidang Bina Jasa Kontruksi PUPRPKPP Provinsi Riau serta Kepala Seksi dan Bendahara Bidang di dinas PUPR Kabupaten Bengkalis. [Inf-rudi]

Berita Lainnya

Index