Sekda Rohul Tinjau Korban Bencana Angin Puting Beliung

Ahad, 14 Februari 2021 - 18:46:19 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mencatat kerugian mencapai Rp 1,5 milyar pasca bencana angin puting beliung yang memporak porandakan rumah warga dan bangunan fasilitas umum lainnya yang terjadi di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan pada, Rabu (10/2) sekira pukul 21.00 Wib.

Sebagai bentuk responsif dan menunjukkan keberadaan Pemkab Rohul berada ditengah-tengah masyarakat, Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kamis (11/2/2021) meninjau langsung ke lokasi korban bencana angin puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah.

Sekda Abdul Haris didampingi Plt Asisten Bidang Pemerintahan Bisman, bersama Unsur Pimpinan Kecamatan Kepenuhan  menyisir dan meninjau langsung ke beberapa lokasi korban bencana yang menerjang rumah warga dan fasilitas umum lainnya.

“ Kami sudah perintahkan BPBD Rohul untuk melakukan evakuasi dan pendataan korban ", kata Abdul Haris.

Ia mengaku, saat meninjau ke lokasi korban bencana angin puting beliung, bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu akan berupaya memberikan bantuan kepada korban.

Hal ini sesuai dengan aturan dan skala prioritas yang harus di ikuti melalui pos anggaran di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul. 

“Untuk informasi saat ini, Pemkab Rohul menunggu pendataan dan laporan lengkap dari Camat dan Pemerintah setempat dan akan kita upayakan membantu melalui BPBD Rohul,” jelas Abdul Haris.

Usai meninjau lokasi korban bencana, Sekda Abdul Haris menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat, jajaran dan unsur Pimpinan Kecamatan Kepenuhan, Polisi dan TNI yang telah bergerak cepat dan bergotong royong dalam membantu korban bencana angin puting beliung di wilayah Keluruhan Kepenuhan Tengah.

Sementara itu, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos saat dikonfirmasi melalui via telephone mengatakan, berdasarkan pendataan yang telah dilakukan, sebanyak 80 Rumah, 5 Tower, 10 Los Pasar Minggu dan 5 Kanopi diterjang mengalami rusak parah.

" Sudah dilakukan pendataan korban dan dampak kerugian materil mencapai Rp. 1,5 milyar ", ucap Gustia.

Ia mengatakan terdapat satu rumah warga mengalami rusak berat dan bangunan gedung fasilitas umum lainnya akibat angin puting beliung seperti gedung pertemuan kelurahan, rumah,  tower, parkir kantor Camat Kepenuhan.

"Saat kejadian, jaringan PLN juga sempat lumpuh akibat hujan deras disertai angin kencang," pungkasnya. [adv/Diskominfo Rohul]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT