Inilah Efek Minum Air Putih Berlebihan 

Rabu, 23 November 2016 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Salah satu hal yang sangat dibutuhkan manusia adalah air. Mencukupi kebutuhan air untuk tubuh akan memastikan tubuh terhidarasi dengan baik. Orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi setikdanya 8 gelas air mineral setiap harinya untuk memastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Lalu apa yang akan terjadi jika kita mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak secara terus menerus?. Ternyata efek minum air putih berlebihan juga sangatlah berbahaya bagi tubuh. Terlalu banyak minum air putih akan menimbulkan masalah lain pada tubuh. Beberapa efek minum air putih berlebihan diataranya adalah :

Mengganggu fungsi ginjal

Secara sederhana fungsi ginjal adalah menyaring semua cairan ke dalam tubuh. Semakin banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh maka secara otomatis akan membuat kerja ginjal menjadi semakin berat. Membuat kerja ginjal menjadi lebih keras secara lebih keras akan menyebabkan terganggunya fungsi ginjal. Bahkan secara lebih lanjut terlalu banyak minum air putih ini akan memicu munculnya gejala penyakit ginjal

Komposisi darah tidak beraturan

Salah satu bahaya akibat terlalu banyak minum air putih adalah menyebabkan komposisi darah menjadi berubah. Di dalam setiap darah kita terdapat plasma darah. Salah satu fungsi plasma darah ini adalah untuk mengatur pembekuan darah. Plasma darah ini memiliki suatu ukuran kekentalan tersendiri. Jika kita terlalu banyak minum air maka hal yang akan terjadi adalah kadar dari kekentalan plasma darah ini akan menjadi terganggu. 

Terlalu banyak meminum air akan membuat plasma darah ini menjadi terlalu encer. Hal ini akan membuat darah menjadi sulit membeku sehingga apabila terjadi luka darah akan terus keluar. Lebih lanjut plasma darah yang kadar kekentalannya tergannggu ini juga akan membuat kacau sistem peredaran darah di dalam tubuh.

Bisa mengganggu fungsi jantung

Hal lain yang menjadi efek minum air putih berlebihan adalah bisa mengganggu fungsi jantung dan menimbulkan gejala awal penyakit jantung. Hal ini karena terlalu banyak mengkonsumsi air putih akan membuat volume darah menjadi meningkat. Volume air di dalam tubuh yang meningkat akan secara otomatis juga meningkatkan tekanan pada sistem pembuluh darah. Selain akan meningkatkan dan mengganggu fungsi jantung, hal ini juga akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menekan volume air dalam sebuah sirkulasi darah.

Menyebabkan hiponatremia

Kondisi hiponatremia adalah sebuah kondisi tidak normal di mana kadar natrium di dalam darah terlalu sedikit. Natrium pada darah sendiri berfungsi sebagai sebuah mineral elektrolit yang akan membantu mengatur jumlah volume air di dalam sel tubuh. Terlalu banyak minum akan menyebabkan natrium menjadi encer dan mengakibatkan volume darah menjadi berkurang namun di saat yang bersamaan detak jantung akan berdetak lebih cepat. 

Sebagai catatan, dalam kondisi normal kadar natrium di dalam darah adalah sekitar 135 – 145 milmol/liter. Sementara dalam kondisi muncul nya gejala hiponatremia kadar natrium berada di bawah 135 milmol/liter.

Mengakibatkan keracunan air

Efek minum air putih berlebihan lainnya bisa menyebabkan keracuna air. Keracunan air atau intoksikasi air, dikenal juga dengan over hidrasi adalah sebuah kondisi dimana fungsi otak terganggu karena terjadi ketidakseimbangan elektrolit. Ini memang kasus yang jarang ditemukan.

Menyebabkan pembengkakan sel

Jika dikaitkan dengan kondisi hiponatremia yang sebelumnya sudah kita bahas, maka terlaku banyak minum air putih juga akan menyebabkan pembengkakan pada sel – sel yang ada di dalam tubuh. Pembengkakan sel ini adalah akibat dari over hidrasi. Kondisi lain yang akan terjadi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi air putih adalah mual, sering buang air kecil, pingsan, sistem pernafasan menjadi terganggu, bahkan bisa menyebabkan kematian. [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT