Kabupaten Kampar Siap Sukseskan PIN 2016

Kabupaten Kampar Siap Sukseskan PIN 2016

Metroterkini.com - Asisten Administrasi Ekonomi dan Kesra Nurbit dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahun 2016 tingkat Kabupaten Kampar menyampaikan Kabupaten Kampar menyongsong Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahun 2016.

Asisten Administrasi Ekonomi dan Kesra Nurbit ketika mewakili Bupati Kampar pada acara Rapat Koordinasi Persiapan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahun 2016 tingkat Kabupaten Kampar di Ruang Rapat lantai III Kantor Bupati Kampar, Selasa (1/3).

Menurut Nurbit, kegiatan PIN 2016 harus menghadirkan dan melibatkan dengan banyak komponen. Rangkaian kegiatan dalam rangka PIN ini dilaksanakan selama seminggu, dimulai 8 hingga 16 hari. Dalam rapat Koordinasi tersebut juga membahas tempat Pembukaan Pencanangan PIN yang diagendakan dilaksanakan di lapangan Merdeka Bangkinang Kota. Direncanakan, acara akan dihadiri 1500 undangan.

Nurbit mengharapkan Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Kampar untuk menghimbau para orang tua mau membawa anaknya untuk vaksin polio, meskipun balita sudah divaksin atau imunisasi. Sebab,  berdasarkan penilaian World Health Organization (WHO) pada tahun 2011 hingga 2014 Indonesia dinyatakan berisiko tinggi terhadap importasi Virus polio dan Komite Penasehat Ahli Imunisasi (ITAGI) merekomendasikan Indonesia untuk melaksanakan kegiatan PIN Polio. 

“Saya menghimbau agar para kader posyandu dan sukarelawan menyebar surat undangan. Paling lambat tiga hari sebelum hari H. Petugas ini akan menyisir kalau-kalau ada balita yang terlewat dari pendataan," ujar Nurbit.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Dr Harris yang mendampingi Asisten II dalam rapat koordinasi tersebut mengatakan Program ini perlu dukungan dari semua pihak, dan dibutuhkan sosialisasi dan sudah dilaksanakan di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Kampar. 

Tujuan umum pelaksanaan PIN yaitu tercapainya eradikasi atau pemusnahan total Polio didunia pada akhir tahun 2020 dan tujuan khususnya adalah memastikan Imunitas terhadap Polio dipopulasi tinggi dengan cakupan diatas 95 persen. [**ali]

Berita Lainnya

Index