Sulitnya Mencari Kriteria calon Sekwan DPRD Riau

Sulitnya Mencari Kriteria calon Sekwan DPRD Riau

Metroterkini.com - Tiga nama calon Sekretaris Dewan sudah diusulkan Plt Gubri ke DPRD Riau. Namun ketiga nama itu bisa saja gugur. 

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldi Jusman mengatakan, dirinya memang sudah menerima tiga nama yang diusulkan Plt Gubri untuk mengisi pos Sekwan. Ketiganya adalah Suratno (Kabid di Dinsos), Nuraini (Kabid di Diskominfo) dan Kaharuddin (Sekretaris Disdik).

Sebelum diputuskan siapa yang akan dipilih, usulan nama ini nantinya akan diproses terlebih dahulu ditingkat fraksi.

"Tiga nama calon sekwan usulan dari Gubernur sudah saya terima. Nanti biar kawan-kawan fraksi menilai dan memberikan pertimbangan pada pimpinan. Kalau memenuhi kriteria lanjut, kalau tidak ya kita kembalikan dan minta mengajukan nama lagi," cetusnya.

Selain usulan tiga nama itu, politisi demokrat ini juga mengaku sudah mendapat daftar nilai pejabat yang diusulkan tersebut. Hanya saja, daftar tersebut tidak dilampirkan kriteria penilaian alias tidak jelas.

"Iya, semua nilainya saya dapatkan tapi apa yang dinilai saya tidak tahu," pungkasnya.

Sebab itulah, pria yang akrab disapa Dedet ini tidak bisa menggaransi salah sati ketiga nama ini bakal menjadi Sekwan.

Bahkan, secara pribadi Dedet menilai untuk posisi Sekwan seharusnya diisi sosok yang senior di Pemerintahan. Mengingat tugas dan beban kerja Sekwan cukup berat.

"Harapan saya ya yang seniorlah, pengalaman diklatnya dah banyak, biasa mengelola orang. Tapi ini kan hak prerogatif Gubernur, hak kita ada juga sih untuk menilai menerima dan menolak," tandas Dedet.

Diberitakan sebelumnya, pimpinan DPRD sudah menerima ketiga nama yang sudah diusulkan menjadi Sekwan. Mereka antara lain Suratno (Kabid di Dinsos), Nuraini (Kabid Data dan Pemberdayaan Sistem Informasi  Diskominfo) dan Kaharuddin (Sekretaris Dinas Pendidikan).  

"Suratnya sudah sampai tadi pagi dan ini kita juga akan segera membahas ini dengan pimpinan dan Ketua Fraksi," jelas Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo, kemarin (15/2/16). [**hrc]

Berita Lainnya

Index