Indonesia Masih Kekurangan 12.000 Dokter Per Tahun

Jumat, 07 Juli 2023 | 21:21:00 WIB
Foto Ilustrasi

Metroterkini.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan 12.000 orang dokter per tahunnya. Angka tersebut dinilai ideal untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat.

Menurutnya, jumlah dokter di Indonesia masih kurang. Bahkan, tidak ideal bila dibandingkan dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia.

"Kita perlu dokter 12.000 setiap tahun, angka antara perawat dan rakyat Indonesia jumlah dokter sangat kurang," ujar Erick saat ditemui wartawan, Jumat (7/7/2023).

Untuk dapat memenuhi tenaga kerja di sektor kesehatan tersebut, Erick menilai perlunya pembangunan fasilitas kesehatan nasional yang memadai. Salah satu infrastruktur kesehatan yang dibangun pemerintah melalui BUMN adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sanur, Bali.

Dia yakin keberadaan KEK Kesehatan itu mampu menarik minat dokter diasporas yang tengah bekerja di luar negeri. Saat ini sudah ada sepuluh dokter diaspora yang mendaftarkan diri bekerja di Bali International Hospital (BIH) yang ditargetkan beroperasi pada awal 2024. [**]

 

Terkini