Survei IDE: Nama Muflihun Mencuat di 5 Besar Cawako Pekanbaru

Senin, 19 September 2022 | 23:31:27 WIB

Metroterkini.com - Independen Demokrasi (IDE) melaksanakan program kerja dengan melaksanakan survei untuk menjemput aspirasi dan keinginan masyarakat terkhusus Kota Pekanbaru.

Untuk diketahui, IDE adalah perkumpulan yang berkedudukan di Kota Pekanbaru yang dibentuk oleh sejumlah aktivis kampus pada masanya.

Direktur utama IDE, Triandi Bimankalid, M.H mengatakan, survei ini menggunakan dua metode, yakni secara online (karena dampak pandemi Covid-19) dan offline.

"Agenda dilaksanakan pada 5 April 2022 - 31 Mei 2022 (Online) dan pada 24 Agustus 2022 – 15 September 2022 (Offline) yang berisikan 700 koresponden yang tersebar di 15 Kecamatan di Kota Pekanbaru," kata Triandi, Senin (19/9/2022).

Ia menjelaskan, penelitian IDE ini terbagi atas dua situasi yakni, survei pertama ketika Kota Pekanbaru Masih dipimpin oleh Firdaus – Ayat Cahyadi yang masa kepemimpinannya berakhir di Bulan Mei 2022. Dan survei kedua di saat Pj Walikota Pekanbaru sudah diamanahkan kepada Muflihun.

Fakta Politik ini, kata Triandi, sangat mempengaruhi hasil survei IDE, terlebih khusus perolehan suara Muflihun yang langsung dikenali oleh Masyarakat dan didukung untuk memegang tampuk kepemimpinan secara defenitif.

Ia menjelaskan, hasil survei akhir dari IDE ialah, Ayat Cahyadi S.Si yang merupakan Wakil Walikota Pekanbaru 2012 - 2022, Ketua MPW PKS Riau, elektabilitas perolehan suara 23 %.

Selanjutnya, Agung Nugroho S.E.,M.M yang menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Ketua DPD Demokrat Riau 19 %.

Kemudian, dr. Irvan Herman, Wasekjen PAN, yang merupakan anak dari Herman Abdullah (Walikota Pekanbaru 2 Periode) meraih 17 %.

"Di urutan keempat, Muflihun S.STP.,M.AP selaku Pj Walikota Pekanbaru meraih elektabilitas perolehan suara 16 %," ulasnya.

Dan di urutan kelima, Muhammad Rahul S.H selaku Anggota DPR RI, Ketua DPD Gerindra Riau meraih 12 % dari hasil survei.

Triandi menjelaskan, nama - nama ini merupakan lima nama teratas, dari 36 nama yang mereka himpun dari Masyarakat berdasarkan keinginan pemimpin yang bisa membawa Kota Pekanbaru menjadi lebih baik lagi.

"Yang menarik juga, masyarakat banyak mengenali anak-anak muda seperti R Bagus Oka yang merupakan Ketua Hipmi Pekanbaru dan Fuad Santoso Ketua DPD KNPI Provinsi Riau. Ini menandakan bahwa anak muda juga mendapat tempat di hati masyarakat," tukasnya. [**]

Terkini