Bahan Skincare Pria untuk Kulit Berminyak, Termasuk Charcoal

Kamis, 04 Agustus 2022 | 23:15:12 WIB

Metroterkini.com - Kulit berminyak dapat menjadi sangat mengganggu. Pasalnya, produksi sebum atau minyak berlebih menyebabkan kulit menjadi tampak berkilau dan lengket.

Tak cuma wanita, pria dengan kulit berminyak juga perlu memberikan perawatan pada wajahnya. Supaya hasilnya maksimal, gunakan bahan skincare pria untuk kulit berminyak.

Menurut banyak penelitian, kulit pria menghasilkan kadar minyak yang lebih banyak dari wanita. Untuk itu, dibutuhkan perawatan ekstra untuk membantu mengurangi kadar minyak berlebih yang secara alamiah dihasilkan dari kulitnya.

Faktanya, kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat, komedo, kusam dan masalah kulit lainnya. Dalam mengatasi masalah tersebut, pria membutuhkan bahan skincare yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak.

Bahan Skincare Kulit Berminyak

Berikut daftar bahan yang wajib ada dalam skincare pria dengan kondisi kulit yang berminyak. Kandungan-kandungan berikut efektif mengurangi jumlah sebum atau minyak pada wajah.

1. Salicylic Acid
Bahan skincare yang pertama ialah salicylic acid. Bahan ini sangat banyak ditemukan di berbagai produk perawatan kulit yang dijual bebas.

Kandungan yang memiliki nama lain asam beta-hidroksi ini efektif untuk melarutkan minyak di kulit wajah, sehingga kadar minyak akan berkurang, merujuk laman WebMd.

Selain memiliki fungsi membersihkan sebum berlebih, salicylic acid dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang dengan sifat anti-inflamasinya.

Salicylic acid juga dapat membersihkan kotoran yang terkumpul di dalam pori-pori yang membentuk komedo hitam ataupun putih.

2. Retinoid
Produk yang mengandung retinoid dapat membantu mengurangi jumlah minyak pada kulit pria. Retinoid adalah bagian dari vitamin A yang dapat mencerahkan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Selain itu, retinoid dapat memperlambat produksi minyak yang dapat membuat kulit berkilau, sehingga kulit akan tampak lebih sehat, lembap, dan tidak memiliki minyak berlebih.

3. Glycolic Acid
Glycolic acid merupakan teman baik dari salicylic acid yang bekerja sama untuk membersihkan sebum dan mengurangi kelebihan minyak.

Selain itu bahan skincare yang memiliki nama lain asam glikolat ini dapat membantu proses eksfoliasi sehingga kulit tampak lebih cerah lebih cepat.

4. Charcoal
Bahan skincare pria untuk kulit berminyak selanjutnya adalah arang atau charcoal. Salah satu bahan yang banyak digunakan produk face wash ini efektif membersihkan sisa kotoran dan minyak yang ada di lapisan kulit.

Selain untuk membersihkan kulit, charcoal juga dapat mendetoksifikasi kulit dari bakteri penyebab munculnya komedo dan jerawat.

Gunakan skincare dengan bahan charcoal untuk mencuci wajah supaya mendapatkan kulit yang bersih dan sehat setiap saat.

5. Hyaluronic Acid
Bahan skincare yang satu ini juga dapat menambah kelembapan untuk kulit berminyak. Namun tidak perlu khawatir, karena hyaluronic acid juga memiliki penawar untuk mencegah kadar minyak berlebih.

Kulit yang lembap tetapi tidak berminyak justru akan membuat tampak awet muda dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Dengan begitu, hyaluronic acid sangat direkomendasikan untuk digunakan pria agar kulit lebih sehat.

6. Niacinamide
Bahan skincare yang satu ini pasti sangat familiar didengar oleh semua kalangan. Hal ini karena niacinamide digunakan banyak produk skincare.

Efektivitas dari niacinamide ternyata bukan hanya untuk mencerahkan, tetapi juga untuk mengurangi minyak pada kulit.

Terlebih kulit pria menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga bahan skincare yang tepat untuk menyerap minyak sangatlah diperlukan.

7. Tea Tree Oil
Bahan skincare yang terakhir merupakan bahan yang paling sering digunakan pada produk-produk skincare untuk kulit berjerawat.

Namun jangan salah, tea tree oil juga memiliki manfaat lain, seperti menyerap minyak berlebih sehingga kulit tidak rentan muncul jerawat ataupun komedo.

Untuk diketahui, minyak merupakan bagian dari kulit yang secara alamiah diproduksi setiap hari. Meski begitu, Anda perlu mengendalikannya agar tidak berlebihan serta membuat wajah kusam dan lengket.

Semoga informasi bahan skincare pria untuk kulit berminyak ini dapat bermanfaat untuk Anda. [**]

 

 

Terkini