Perawatan Mobil yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Jumat, 25 Oktober 2019 | 18:38:05 WIB

Metroterkini.com - Merawat mobil secara berkala membantu memperpanjang usia kendaraan dan membuat kendaraan selalu dalam performa terbaiknya. Ada beberapa perawatan yang mesti dilakukan oleh tenaga mekanik di bengkel umum atau resmi. Tapi ada juga perawatan ringan yang bisa dilakukan pemilik mobil di rumah.

Apa saja perawatan ringan tersebut? Melansir laman Auto2000, ada 5 jenis perawatan ringan yang bisa dilakukan sendiri oleh para pemilik mobil.

Pertama adalah membersihkan filter kabin AC. Bagian ini perlu dirawat supaya sistem pendingin udara bisa bekerja maksimal. Filter kabin AC yang kotor akan membuat semburan udara tersendat. Akibatnya AC jadi tidak terasa dingin.

Komponen kedua yang bisa dirawat sendiri adalah wiper. Wiper sangat berguna untuk menyapu air di kaca depan saat kondisi hujan. Maka itu fungsinya cukup vital.

Wiper yang sudah mulai rusak cirinya akan ada tanda atau bekas saat wiper diaktifkan. Selain itu biasanya juga ada suara decitan kala bergesekan dengan kaca. Tandanya, pisau wiper sudah aus. Maka itu jika part ini sudah aus, segera diganti ya detikers.

Ketiga adalah sistem penerangan. Lampu-lampu pada mobil juga termasuk gampang diganti. Jika lampu depan atau lampu belakang mobil Anda sudah mulai redup, sebaiknya segera diganti.

Untuk lampu yang masih berjenis bohlam, penggantiannya tidak terlalu rumit. Namun untuk lampu berteknologi LED, lebih baik diganti oleh teknisi di bengkel resmi atau bengkel umum.

Perawatan selanjutnya yang bisa dilakukan sendiri adalah mengganti pelumas. Kondisi oli pada mesin mobil bisa diketahui melalui tongkat dipstick yang ada di ruang mesin mobil. Jika oli sudah menghitam dan volumenya berkurang, maka wajib diganti ya.

Anda juga bisa mengganti oli mesin sendiri di rumah. Yang terpenting adalah periksa buku manual dari mobil. Ikuti petunjuk yang ada.

Terakhir perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah mencuci mobil. Ada beberapa catatan saat ingin mencuci mobil sendiri. Pastikan menggunakan sabun pH balance, jika ingin mencuci setelah dipakai berkendara tunggu sampai kondisi mobil benar-benar adem, dan terakhir mulailah mencuci dari area kaki-kaki dulu. Dan pastikan peralatan mencuci untuk area bawah dan atas dipisah. [met]


 

Terkini