Mengenal Memecoin dan Bagaimana Cara Kerjanya

Mengenal Memecoin dan Bagaimana Cara Kerjanya

Metroterkini.com - Perkembangan teknologi terus merambah dalam berbagai sektor, salah satunya adalah cryptocurrency yang terus menciptakan berbagai aset digital sebagai instrumen investasi. Bahkan saat ini memecoin yang berkembang telah memanfaat kan peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Sekarang ini ada banyak sekali memecoin di luar sana, dari yang resmi hingga penipuan. Nah agar kamu tidak mengalami penipuan, alangkah baiknya kamu mengetahui apa itu memecoin dan bagaimana cara kerja memecoin sehingga memberikan keuntungan.

Pengertian Memecoin

Memecoin atau Koin Meme adalah aset crypto yang berasal dari meme dan gambar viral lainnya secara online. Meskipun mereka bekerja dengan cara yang sama seperti cryptocurrency lainnya, mereka ada hanya untuk menghasilkan uang secara momentum, dan tanpa tujuan yang jelas, harganya juga tidak stabil, kesuksesan mereka sering dikaitkan dengan viralitas dan dukungan dari komunitas online.

Dogecoin adalah contoh memecoin yang populer yang konon memelopori koin meme lainnya. Ini adalah cryptocurrency yang menampilkan gambar anjing Shiba Inu yang telah menjadi viral sebagai meme internet. Anjing dalam meme tersebut bernama "Doge", yang menjadi inspirasi nama Dogecoin.

Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.

Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.
Ikuti kami di Pintu News di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

Cara Kerja Koin Meme 

Memecoin berfungsi seperti cryptocurrency lainnya, memanfaatkan sepenuhnya blockchain dan teknologi terkait. Mereka telah muncul secara menonjol di blockchain menggunakan kontrak pintar seperti Ethereum dan Solana.

Saat ini, ada lebih dari 200 memecoin yang beredar di blockchain ini. Koin meme dapat dibeli, dijual, dan diperdagangkan seperti cryptocurrency lainnya. Pergi saja ke bursa yang menjual koin meme, lakukan deposit, dan beli maka kamu sudah memiliki memecoin.

Fitur Koin Meme 

Secara umum ciri memecoin adalah mendapatkan jumlah yang tinggi atau tidak terbatas. Berbeda dengan Bitcoin yang direncanakan memiliki jumlah unit yang kecil untuk ditambang, memecoin biasanya memiliki miliaran unit yang beredar. 

Memecoin juga tidak memiliki mekanisme burning yang dapat menghilangkan simbol dari peredaran untuk mencegah kelebihan berat atau menghilangkannya dari peredaran permanen, sehingga jumlahnya terus berlanjut.

Karena itu, biaya per unitnya biasanya rendah, jadi dengan jumlah kecil kamu bisa mendapatkan banyak koin meme. 

Risiko Berinvestasi di Memecoin 

Setelah kamu mengetahui apa itu memecoin, tentunya harga memecoin sangat berfluktuasi karena pergerakannya sangat dipengaruhi komunitas seperti tweet selebriti. Beberapa orang juga telah menciptakan cryptocurrency untuk mengelabui orang agar menarik uang. 

Contoh penipuan yang sangat terkenal adalah token squid game yang nilainya naik untuk penjualan $ 2.000 per coin sebelum penciptanya menjual unit mereka dan menarik uang investor. Banyak teknologi tidak mendukung oleh teknologi yang sama seperti Comby Cryptory sebagai Bitcoin Cryptory. 

Dari memecoin yang populer saat ini, hanya dua yang telah diuji menggunakan blockchain sistem Dogecoin berdasarkan Litecoin, dan Shiba Inu yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Sebagian besar dari mereka juga tidak berguna di luar dunia cryptocurrency, karena sifatnya yang dangkal, tidak mungkin banyak meme yang dihasilkan akan ada dalam beberapa tahun.
Perbedaan antara Memecoin dan Cryptocurrency Lainnya 

Cryptocurrency umum seperti Bitcoin dibuat dengan teknologi khusus untuk memfasilitasi pertukaran dan transaksi di pasar crypto, sementara koin meme tidak dibuat dengan kegunaan atau nilai tambahan.

"Buat koin tanpa dasar. Ini adalah masalah komunitas, semacam masalah milenial dan gen Z. Ini memiliki semua keunggulan dari permainan yang tidak masuk akal jika Anda mau," tutur Sharat Chandra, pakar blockchain.

Daftar Memecoin Popular 

Berikut daftar memecoin yang popular di pasar, diantaranya:

1. Dogecoin (DOGE) 

Pertama adalah dogecoin, dulu dogecoin diremehkan pasar crypto, tetapi sekarang sedang dibahas di industri crypto, telah masuk 10 besar pasar crypto terbesar saat ini. Dogecoin (DOGE) didasarkan pada meme internet populer "doge" dan menampilkan Shiba Inu di logonya.

Aset ini dibuat oleh Billy Markus dari Portland, Oregon dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia, dan merupakan hasil dari garpu Litecoin pada Desember 2013. Nama Doge semakin populer saat salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk, menunjukkan dukungannya terhadap properti tersebut melalui media sosial. 

2. Shiba Inu 

Shiba Inu (SHIB) adalah pesaing DOGE dan sering disebut "Pembunuh Dogecoin". SHIB juga disebut sebagai nama ras anjing Jepang. Sumber daya ini dibuat oleh Anonymous Ryoshi pada Agustus 2020. Perbedaan utama antara DOGE dan SHIB adalah bahwa yang terakhir memiliki batas 1 kuadriliun token, 50% di antaranya dibakar dan disumbangkan. 

Program SHIB juga mencakup pertukaran, inkubator seni NFT, NFT, dan permainan NFT. 

3. Dogelon Mars

Memecoin berikutnya adalah Dogelon Mars yang memiliki tema anjing dan bekerja di jaringan Ethereum dan Polygon. Nama token ini adalah kombinasi dari Dogecoin dan Elon Musk, terlepas dari namanya, aset ini memiliki lebih dari 300.000 pengikut di Twitter dan 84.000 anggota komunitas di Telegram. Per 25 Juli 2022, Dogelon mars berada di urutan ke-138 dari kapitalisasi pasar. 

4. BabyDoge 

Baby Doge adalah koin meme yang diharapkan dapat mengikuti pendahulunya, Dogecoin. Indikator-indikator ini ingin memperluas layanan dan kemampuan meme mereka untuk mencari investor.

Baby Doge memiliki enam pencapaian dalam peta jalannya, salah satunya adalah menaikkan harga, meningkatkan keamanan negara, meningkatkan transparansi, dan banyak lagi. Koin ini telah diuji oleh pihak ketiga untuk menghilangkan kekhawatiran menarik tas. 

5. Samoyedcoin 

SAMO lahir dari inspirasi Sam Bankman Fried dan pendiri Solana, Anatoly Yakovenko. SAMO bertujuan untuk menjadi koin yang berfokus pada komunitas untuk membangun komunitas dan membimbing karyawan Solana, mengedukasi pelaku pasar, membangun koneksi pribadi, dan saling membantu menjalani kehidupan.

Situs meme ini juga dikatakan sebagai situs meme tercepat, paling fungsional, dan user-friendly dalam kategori meme. Ini adalah penjelasan tentang memecoin dari sudut pandang, cara kerjanya, perbedaannya dengan crypto lain dan jenis memecoin yang populer.

Perlu dicatat bahwa biasanya koin jenis ini ada karena merupakan virus, dan ini bukan proyek yang sedang berjalan, dan tidak semua meme koin akan bernasib di komunitas yang kuat seperti Doge dan Shiba. [**]

Berita Lainnya

Index