Ini Al-Quran Bertinta Emas di Atas Kain Sutra Pertama di Dunia

Ini Al-Quran Bertinta Emas di Atas Kain Sutra Pertama di Dunia

Metroterkini.com - Dalam lembaran sutera hitam, Tunza Memmedzade, seorang seniman dari Azerbaijan menghabiskan 3 tahun untuk menuliskan kembali 6.666 ayat Al-Quran dengan tinta emas. Selain menakjubkan, karya ini juga menampilkan kesabaran dan pengabdian sang seniman untuk menyelesaikan kitab suci umat Islam seperti dikuti liputan6, Jum'at (2/11/2016).

Memmedzade memulai proyek ini dengan sungguh-sungguh setelah dirinya mengetahui Al-Quran tidak pernah ditulis dalam selembar sutra. Untuk itu ia mulai menuliskan ayat-ayat Quran dengan menggunakan tinta emas di atas sutra berukuran 28x33 cm.

Al-Quran ini menghabiskan 50 meter sutra hitam, 3 kaleng tinta emas dan perak yang tersebar di berbagai halaman. Memmedzade menggunakan Quran yang dibuat oleh Diyanet, dari Turkish Precidency Religion Affair sebagai panduannya dalam menulis.

Dalam kurun waktu 3 tahun, Memmedzade mampu menyelesaikan Alquran yang ia tulis ulang di atas kain sutera dan dengan tinta emas. 
Salinan Al-Quran di atas sutra ini juga mengingatkan Islam memiliki seni yang luar biasa. Memmedzade juga menyatakan proyek ini merupakan masterpiece yang berhasil dibuat, dan tidak melanggar hukum agama, karena sutra juga menjadi bahan yang disebutkan dalam ayat Al-Quran. [**]

Berita Lainnya

Index