Bupati Bengkalis Lepas 42 Pramuka ke Jamnas X

Bupati Bengkalis Lepas 42 Pramuka ke Jamnas X

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, melepas sebanyak 42 orang anggota Pramuka Kwartir cabang 0404 Bengkalis ke Jambore Nasional X, Senin (8/8/16). Pelepasan ini dilaksanakan di Pendopo, rumah dinas di Jalan Antara Bengkalis.

Pelepasan kontingen di tandai dengan penyerahan bendera pramuka oleh ketua kontingen.

Dalam sambutannya, Amril atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) dan atas nama pribadi mengucapkan selamat kepada adik-adik yang terpilih untuk bergabung dengan kontingen kwarda gerakan pramuka Riau pada  Jambore Nasional X di Cibubur, Jakarta.

Kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) ini dilaksanakan lima tahun sekali. Ini merupakan pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir nasional (kwarnas) Pramuka.

Untuk Amril mengingatkan kepada anggota Pramuka dari Bengkalis agar menjaga nama baik, baik pribadi maupun daerah.

Menurut Amril, ikut Pramukaan itu asyik, keren, dan gembira. Gerakan kepanduan pramuka selalu berkaitan dengan anak muda. Karenanya dan mengingat gerakan pramuka masih dan tetap relevan dengan kemajuan dan perkembangan zaman,

Tujuan dikirimnya peserta pada jambore nasional X untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka, yaitu Trisatya dan Dasadarma.

Sedangkan para pembina agar selama mengikuti Jamnas hendaknya dapat menghayati dan dijadikan tonggak dalam memberikan bekal nilai-nilai kepribadian, watak, moral serta displin kepada pramuka penggalang.

Berdasarkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, secara aktif dan berkesinambungan.

"Saya berpesan, selama sepuluh hari mengikuti kegiatan jambore nasional kontingen kwarcab gerakan pramuka Kabupaten Bengkalis dapat memperkenalkan Kabupaten Bengkalis kepada saudara-saudara di nusantara. Melalui penampilan budaya Kabupaten Bengkalis, maupun potensi yang ada di negeri junjungan ini," ungkap Bupati

Diakhir sambutannya Amril kembali mengajak adik-adiknya untuk menjadikan jambore ini sebagai momentum pancakarsa utama.

"Jadikan momentum jambore untuk pembuktian jatidiri dan jiwa korsa satu kontingen. Apalagi kegiatan jambore ini merupakan laboratorium leadership bagi seluruh pramuka se-tanah air," pungkasnya.

Hadir dalam acara pelepasan ini, Dandim yang diwakili Kapt. Inf. Imam Karmani, Polres Bengkalis, Plt Asisten Tata Praja, pejabat eselon II di lingkup pemerintah Kabupaten Bengkalis dan wali murid peserta jambore. [rdi]

Berita Lainnya

Index