Rohil Programkan Budidaya Lebah Madu

Rohil Programkan Budidaya Lebah Madu

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui dinas kehutanan (Dishut) telah memprogramkan pemanfaatkan hasil hutan dengan membudidayakan lebah madu tanpa merusak alam. Program Cemerlang itu akan dipusatkan di kecamatan Rimba Melintang.

"Kita lihat Rohil memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan budidaya lebah madu, makanya kita memanfaatkan hasil hutan lewat program budidaya ini," kata Kadishut Rohil, H Rahmatul Zamri S.Sos melalui Kabid Produksi Dishut rohil, Auzar, Selasa (17/11) di aula kantor camat Rimba Melintang.

Dikatakan, Dishut melakukan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman terkait budidaya lebah madu, karena saat ini masyarakat setempat juga telah banyak memulai budidaya itu secara pribadi. 
"Makanya kita berikan pemahaman agar lingkungan tidak rusak, "terangnya.

Lanjutkan Auzar, setiap peserta akan mendapatkan kloni lebah yang didatangkan dari Kuok, Kabupaten Kampar. Peserta dibekali pengetahuan budidaya lebah madu dan diberikan baju serta masker. Tak hanya itu peserta juga diberikan smoker alat untuk panen lebah.

"Jika berhasil budidaya lebah madu ini akan bisa menambah penghasikan bagi masyarakat. Bahkan apabila ditekuni bisa menjadi penghasilan utama bagi masyarakat. Inilah potensi yang besar yang akan kita garap dengan tetap menjaga kelestarian hutan di Rokan Hilir," jelasnya.

Kecamatan Rimba Melintang memiliki potensi besar untuk mengembangkan madu lebah, karena saat ini masih banyak wilayah hutan yang subur serta didominasi oleh wilayah pertanian. "Kalau petani padi biasanya gigih, makanya sasaran kita adalah para petani yang mampu untuk mengembangkan budidaya lebah madu ini," katanya.

Kalau lebahnya menyebar tentu saja bermanfaat untuk Kenaikkan produksi tanaman pertanian. Kecamatan Rimba Melintang tidak terlepas dari tanaman pertanian dan perkebunan menjadi sumber pakan. Budidaya lebah madu ini dinilai juga sangat ramah lingkungan dan tidak merusak alam. 

"Semoga dengan  kegiatan ini nantinya melahirkan  peternak lebah madu yang baik dan tangguh," harapnya. [red-adv]

Berita Lainnya

Index