PIK-R Nuansa SMANSA Tampung Curhat Remaja

PIK-R Nuansa SMANSA Tampung Curhat Remaja

Metroterkini.com - Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Nuansa yang berada di SMAN 1 Bengkalis siap menjadi sahabat sejati dan sekaligus memberikan solusi berbagai macam masalah remaja.

"Siapapun itu, dia bebas mencerita semua masalah yang dihadapi agar mendapatkan solusi dari PIK remaja," kata Shelly Anita Penggagas berdirinya PIK-R Nuansa SMAN 1 Bengkalis kepada wartawan, Rabu (7/10/15).

Ia memaparkan, keberadaan lembaganya telah berhasil merangkul para remaja untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya. Meski sekretariatnya di SMAN 1, PIK-R juga menerima pasien dari luar.

Semenjak berdiri pada 9 Desember 2011 lalu, PIK-R Nuansa menjadi salah satu tempat curhat para remaja.

Semenjak berdiri sampai saat ini sedikitnya 100-an remaja telah bergabung menjadi anggota PIK-R Nuansa. PIK-R Nuansa juga pernah meraih PIK-R terbaik ditingkat nasional.

“Remaja itu lebih senang curhat apapun masalahnya baik itu masalah pribadi sama orang sebayanya dibanding ke orang yang lebih tua. Dan PIK-R meskipun hanya dilingkup SMAN 1 sudah berhasil dan berbuat banyak memberikan solusi masalah remaja,” kata alumni SMAN 1 Bengkalis tahun 2013 ini, Rabu pagi.

Meski manfaatnya sudah terbukti, ternyata dukungan finansial dari pemangku kebijakan terhadap kegiatan PIK-R belum ada. Namun demikian, Selly dan teman-temannya terus mengembangkan PIK-R di negeri junjungan.

Shelly Anita yang juga "Duta Mahasiswa Genre Riau 2015 dan Fasilitator PIK-R Nuansa" itu tampak bersemangat mengembangkan sekaligus membantu para remaja sebayanya.

“Sebagai contoh, ada beberapa waktu lalu remaja pecandu narkoba yang datang dan mencerita masalahnya. Setelah kita paparkan, kita kasi pemahaman, Alhasil dia yang semulanya pecandu narkoba menjadi baik bahkan masuk anggota PIK-R,” ujarnya.

Contoh lain, ulasnya, ada yang menceritakan nilai sekolah jelek akibat pengaruh pergaulan. Setelah bergabung dengan PIK-R dia menjadi remaja  yang aktif dan bisa memikirkan masa depan dengan target.

"Di PIK-R itu dituntut untuk harus aktif,” pungkasnya. [rdi]

Berita Lainnya

Index