Dinas PPPA Rohul Tampil Memukau Pada Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2024

Kamis, 15 Agustus 2024 | 09:38:56 WIB

Metroterkini.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Rokan Hulu mengirimkan 15 perwakilan dalam rangka menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024. Acara ini digelar di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, pada Kamis (15/8/2024).

Utusan dari Rokan Hulu ini terdiri dari Forum Anak dan para pembina, di bawah pimpinan Pembina Forum Anak Rokan Hulu, Ade Surya Hasibuan, S.Kep., yang mewakili Plt Kepala Dinas Sosial PPPA Rokan Hulu. 

Selain menghadiri acara tersebut, Forum Anak Rokan Hulu turut memeriahkan peringatan HAN dengan menampilkan Tarian "Munyosah Ko Topian," sebuah tarian tradisional yang berasal dari Rokan Hulu dan diciptakan oleh Sanggar Pinang Rantai. 

Penampilan ini mendapat apresiasi dari para peserta dan tamu undangan yang hadir, mengingat tarian tersebut merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya lokal yang masih lestari di tengah arus modernisasi.

Acara Puncak Peringatan HAN dihadiri oleh Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi. 

Dalam sambutannya, Zul Effendi menekankan pentingnya peran seluruh pemangku kepentingan, termasuk organisasi perangkat daerah tingkat provinsi dan pusat, dunia usaha, media massa, serta masyarakat, untuk terus meningkatkan upaya perlindungan anak. 

"Anak-anak adalah aset masa depan bangsa, oleh karena itu, upaya perlindungan mereka harus menjadi prioritas kita bersama. Semua pihak harus menjalankan peran dan fungsinya masing-masing demi terciptanya lingkungan yang aman dan ramah anak," tegasnya.

Dengan adanya partisipasi aktif dari Dinas PPPA Rokan Hulu dalam peringatan HAN tingkat provinsi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap anak-anak, serta mendorong pemerintah daerah untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak di Rokan Hulu.

Ade Surya Hasibuan, S.Kep., dalam pernyataannya juga menekankan bahwa keterlibatan Forum Anak Rokan Hulu dalam acara ini merupakan bentuk komitmen daerah untuk turut serta dalam upaya perlindungan anak. 

"Kami berharap, partisipasi anak-anak kita di acara ini dapat memberikan dampak positif bagi mereka, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya dan identitas daerah yang mereka miliki," ujar Ade Surya.

Acara Puncak Peringatan HAN 2024 ini menjadi momentum penting bagi seluruh elemen masyarakat dan pemerintah di Provinsi Riau untuk memperkuat komitmen dalam menjaga dan melindungi hak-hak anak, sesuai dengan tema besar peringatan tahun ini yaitu "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Diharapkan, dengan adanya sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan masyarakat, kesejahteraan anak-anak di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Rokan Hulu, dapat semakin meningkat di masa yang akan datang.[man]

Terkini