Pemko Pekanbaru Ingatkan Perumdam Tirta Siak Jangan Asal Gali Jalan

Jumat, 16 Agustus 2024 | 17:20:00 WIB

Metroterkini.com - Galian pipa Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak, selama ini cukup meresahkan pengguna jalan dan mendapat tanggapan dari pemerintah kota Pekanbaru. Perusahaan diminta melapor terlebih dulu ke dinas terkait jika ingin melakukan pengerjaan di ruas jalan.

Seperti di Jalan Ahmad Yani yang baru saja diaspal malah seenaknya digali oleh pihak Perumdam Tirta Siak. Mereka melakukan galian dengan alasan ada pipa Jaringan Distribusi Langgan (JDL) yang bocor. Hal ini membuat warga geram.

Terkait hal itu, Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa mengatakan pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Riau telah berkoordinasi dan langsung dengan Direktur Perumdam Tirta Siak.

"Mungkin kedepan sebelum melakukan penggalian melapor dulu ke PUPR setempat, baik ke PUPR Pekanbaru maupun Riau, agar tidak miskomunikasi," ujar Risnandar, Jumat (16/8/2024).

Dikatakannya, kalau memang ada laporan masyarakat terkait kebocoran, silahkan dilaporkan dulu ke OPD terkait. 

"Kemudian setelah melakukan penggalian, mereka harus bisa bertanggungjawab mengembalikan seperti semula," Cakapnya.

Menurutnya, ada dua sisi yang menjadi pertimbangan terkait galian tersebut. Pertama berkaitan dengan kebutuhan akses jalan dan kedua berkaitan dengan kebutuhan air.

"Artinya memang harus ada SOP yang harus ditindaklanjuti. Karena Pemko Pekanbaru juga bersusah payah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk memperbaiki jalan, tapi di satu sisi juga pipa Perumdam yang bocor," pungkasnya. [**]

 

Terkini