Kalahiran Senin Pon 6 Mei 2024 : Berpeluang Duduki Jabatan Strategisi

Senin, 06 Mei 2024 | 13:09:39 WIB

Metroterkini.com - Kelahiran Senin (6/5/2024) bertemu dengan pasaran Pon. Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 26 Sawal 1957, berada di Tahun Jimawal, Windu Sancaya dan Wuku Maktal.

Senin Pon

Weton (hari kelahiran) Senin Pon memiliki neptu 11. Kecenderungannya tak mudah goyah dalam pendirian, ramah, sopan, berhati-hati dan waspada. Pemilik weton ini juga pandai menguntai kata-kata atau mengarang. Akan tetapi weton ini juga mudah tergiur mengagumi sesuatu serta kadang-kadang mudah patah semangat terutama dalam menghadapi masalah.

Pangarasan

Pangarasan pada weton ini adalah Aras Tuding, artinya sering ditunjuk dalam hal yang positif yang bisa menjadi peluang atau kesempatan. Misalnya dalam suatu organisasi, biasanya orang tersebut berpeluang menduduki jabatan tertentu atau atau memiliki posisi yang sangat strategis. Namun demikian, terkadang dia juga bisa terkena tudingan dalam hal negatif.

Pancasuda

Adapun Pancasuda Sumur Sinaba, bermakna dadi pangungsening kapinteran atau pandai dan berwawasan luas sehingga ia sering dicari orang karena petuah dan nasihatnya, serta banyak pengetahuannya.

Wuku Maktal

Wuku Maktal, lambang dewanya Bathara Sakri, bersifat pemberani, jodohnya cantik/tampan dan berpotensi banyak keturunan.

Gedhongnya ada di depan di atasnya terdapat umbul-umbul. Wataknya mendapatkan kekayaan dan kehormatan bersamaan. Pohonnya nagasari, rupawan, enak bicaranya, dipercaya dan mendapat perhatian dari atasannya.

Burung ayam hutan, menjadi kesukaan orang besar. Pandai merangkai kata, siapa saja yang melihat banyak yang suka, berwibawa. Diibaratkan bagai gunung yang meletus, bicaranya agak menyia-nyiakan orang lain, tetapi jika sudah tua baik hati.

Lambangnya bagai sinar yang berjalan/memancar, wataknya dikaruniai pengetahuan tentang seluk-beluk negara. Apa yang dilakukan, menjadikan orang lain kagum. Celakanya jika bertengkar. Kala ada di timur laut, selama 7 hari pada wuku tersebut jangan menuju arah timur laut untuk keperluan yang sangat penting.

Senin Pon Wuku Maktal

Pada hari Senin Pon di wuku ini ada baik dan ada buruknya, artinya ini adalah hari yang netral atau sedang untuk beraktivitas. Ada baiknya juga jika hari ini untuk mencari ikan.

[Ki Totok Yasmiran, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo]

 

Terkini