Waspada Api Musim Kemarau, Palika Gelar Sosialisasi Karhutla

Rabu, 27 Desember 2023 | 18:31:01 WIB

Metroterkini.com - Dipenghujung akhir tahun pihak Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir, melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rabu (27/12/2023).

Acara  dipimpin langsung Camat Palika Soewarno didampingi Kapolsek Panipahan AKP Heppy Yendri serta Pelda Toni Irwan selaku Dan Pos Ramil Panipahan.

Ada pun kegiatan tersebut dengan menggelar Program Sosialisasi, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi. Kegiatan dipusat kan di Aula Kantor Camat Palika, Jalan Lingkar Bundaran Kepenghuluan Panipahan Darat.

Sasaran kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya kebakaran hutan dan lahan serta cara pencegahannya.

Camat Palika dan Kapolsek Panipahan serta Danposramil Panipahan meminta kepada masyarakat bekerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lembaga dan tak  lupa Kepada Masyarakat Peduli Api Atau Di sebut (MPA).

Agar kiranya bisa untuk menyampaikan informasi yang benar dan akurat mengenai bahaya Karhutla serta tindakan yang harus diambil untuk mencegahnya.

Senada juga yang disampainkan Dan Pos Ramil Panipahan. Selain itu, program komunikasi dan informasi juga diimplementasikan untuk memastikan informasi terkini Seputar potensi kebakaran hutan dan lahan dapat diakses dengan cepat oleh masyarakat.

“Diharapkan masyarakat dan Ketua RT terus berkoordinasi dengan dinas terkait guna memantau dan memberikan informasi terbaru tentang kondisi hutan dan lahan,” AKP Heppy Yendri Kapolsek Panipahan.

Bahkan jika ada lahan yang kosong,  Ia juga meminta mencari siapa pemilik lahan tersebut. “Perlu juga diberikan arahan dan juga bisa di laporkan kepada pihak yag berwajib”.

AKP Heppy Yendri Kapolsek Panipahan juga memberitahukan kepada masyarakat dan menghingbau, jika ada masyarakat yag bercocok tanam dengan membakarnya, dipastikan api tersebut harus dijaga dan padam.

Hal tersebut juga tidak diperbolehkan dengan cara membakar, jika api yang nantinya tidak betul-betul padam, jelas bisa menjadi sumber kebakaran. [mus]

Terkini