Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Kembali Dibuka, Warga Diminta Waspada

Senin, 18 Desember 2023 | 13:45:00 WIB

Metroterkini.com - PLTA Koto Panjang kembali menginformasikan langkah-langkah yang akan diambil mengenai situasi terkini di Waduk PLTA Koto Panjang, Senin (18/12/2023).

Manajer PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan Munawar mengatakan, sejalan dengan terus meningkatnya elevasi di waduk, pihaknya merasa perlu mengambil tindakan preventif demi menjaga kestabilan situasi.

"Akan dilakukan penambahan bukaan pintu pelimpah air waduk. Sebelumnya, telah dilakukan pembukaan sebanyak 5 pintu x 40 centimeter. Pembukaan dilakukan pada pukul 15.00 WIB," katanya.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak yang mungkin terjadi akibat kenaikan permukaan sungai. PLTA Koto Kampar berkomitmen untuk melibatkan semua langkah yang diperlukan demi menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur mengatakan, pihaknya bersiaga terkait penambahan bukaan pintu pelimpah air PLTA Koto Panjang tersebut.

"Penambahan bukaan pintu pelimpah PLTA Koto Panjang, kita harapkan masyarakat di daerah sepanjang Sungai Kampar siaga banjir karena diperkirakan akan terjadi peningkatan tinggi muka air sungai setinggi 30 sampai 40 cm," ucapnya.

Ia menjelaskan, pembukaan pintu waduk tetap 5 pintu. "Tapi bukaan bertambah. Yang sebelumnya 40 cm, ditambah 30 cm. Jadi totalnya 5 pintu x 70 cm," katanya.**

 

Terkini