Saingi YouTube, TikTok Naik Durasi Video Jadi 15 Menit

Selasa, 24 Oktober 2023 | 21:45:00 WIB

Metroterkini.com - TikTok dilaporkan tengah melakukan uji coba untuk menambah durasi video menjadi 15 menit. Durasi ini bertambah dari sebelumnya yang maksimal hanya 10 menit.

Uji coba video TikTok dengan durasi 15 menit ini telah dilakukan di beberapa wilayah dan akun tertentu, sebagaimana dilaporkan Techcrunch, Selasa (24/10/2023).

Perubahan ini awalnya ditemukan oleh pengamat media sosial Matt Navara. Ia memperlihatkan tangkapan layar (screenshot) berisi opsi baru untuk menambah durasi video TikTok.

Dalam screenshot itu, diperlihatkan kalau pengguna bisa mengunggah video hingga 15 menit, baik itu dari aplikasi TikTok yang ada di smartphone maupun versi website dari PC/laptop.

Saat pertama kali dirilis, durasi video TikTok awalnya hanya 15 detik. Perlahan tapi pasti, platform asal China itu kemudian menambah durasi maksimum menjadi 60 detik, tiga menit, hingga 10 menit

Dengan demikian pengguna TikTok tak perlu lagi membuat konten baru dengan alih-alih 'part 2' apabila videonya tidak cukup dengan durasi yang ditentukan.

Perubahan durasi ini juga menunjukkan upaya persaingan TikTok dengan YouTube. Aplikasi milik Bytedance itu sepertinya ingin menghilangkan citra sebagai platform video pendek.

Tak sampai di situ, TikTok juga sudah memiliki fitur untuk melihat konten dengan layar horizontal layaknya YouTube.

Sayang belum ada informasi kapan durasi 15 menit ini bakal tersedia untuk semua pengguna TikTok. [**]

Terkini