Dinsos Siak Salurkan Kursi Roda untuk Lansia dan Disabilitas

Jumat, 01 September 2023 | 17:21:00 WIB

Metroterkini.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Siak menyalurkan alat bantu berupa kursi roda yang dilengkapi dengan tempat buang air besar kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas Rahimi (78)di Dusun V Parit Makmur, Kampung Teluk Mesjid, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Jumat (1/9/2023).

Penyerahan alat bantu tersebut diserahkan oleh Kepala bidang Rehabilitas Sosial (Rehsos) Sarfawi SE, yang didampingi Pejabat Fungsional Pekerja Sosial Rio Amna Putra, yang diikuti Kadus Dusun V Masri, fasilitator Lisa dan Agus.

Kepala Dinas Sosial melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Sarfawi. SE mengatakan, tujuan pemberian alat bantu kursi roda agar dapat mendukung aktivitas sehari-hari penerima manfaat yang selama ini mengalami keterbatasan dalam beraktivitas.

“Alat bantu kursi roda ini kami berikan agar dapat bermanfaat dalam mendukung aktivitas sehari-hari penerima manfaat, yakni lansia dan penyandang disabilitas yang selama ini aktivitasnya terbatas sehingga dapat beraktivitas seperti orang normal yang lainnya" kata Sarfawi kepada Metroterkini.com melalui whatsApp, usai penyerahan alat bantu tersebut

Sarfawi menambahkan, bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemandirian para penyandang disabilitas dalam beraktivitas sehari-hari ataupun berkarya, sehingga secara otomatis akan semakin meningkatkan pemberdayaan dirinya dalam kehidupan bersosial," ujarnya

Ia juga berharap dengan program pemberian alat bantu kursi roda mereka yang menerima bisa lebih produktif dalam aktivitas sehari-hari, dan bermanfaat bagi penerima untuk melakukan mobilisasi.

"Saya berharap alat bantu ini dapat menunjang kegiatan mereka yang menerima. Sehingga yang tidak bisa keluar rumah karena sakit, dengan kursi roda ini bisa keluar rumah menghirup udara segar, dan bisa mengurangi penderitaan yang selama ini dialami Pak Rahimi" pungkas Sarfawi.

Rusmaini adalah anak tertua dari Pak Rahimi, mengucapkan Terima kasih banyak kepada Pemkap Siak, khususnya dinas sosial yang turun langsung kelapangan mengantarkan bantuan kursi roda tersebut.

“Terimakasih banyak atas bantuan kursi roda nya Pak, semoga bantuan yang Bapak berikan bisa membantu meringankan beban penderitaan yang dialami orang tua saya selama ini,”  kata Jumaimah, istri dari Pak Rahimi, dengan adanya bantuan yang diberikan, bisa membantu dirinya dalam mengurus suami lagi sakit, disamping mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

"Semoga Siak kedepan semakin maju dan berkembang pesat," tutupnya. [Ibrahim]

Terkini