Dua Harga Komoditi Di Kepulauan Meranti Mengalami Kenaikan

Selasa, 27 Juni 2023 | 20:25:15 WIB
Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Kepulauan Meranti Marwan

Metroterkini - Jelang hari raya idul adha 1441 H /2023 M, ada dua harga komoditi yang  mengalami kenaikan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Diantarnya bawang merah dan daging sapi.

Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Kepulauan Meranti Marwan mengatakan kalau kenaikan itu sering terjadi menjelang perayaan hari besar.

"Kenaikan untuk dua komoditi itu baru berangsur hari ini dan diprediksi hingga besok," Kata Marwan, pada Selasa (27/06/2023) saat ditemui diruang kerjanya.

Dirinya juga menjelaskan kenaikan bawang merah dari harga Rp 32 ribu menjadi Rp 38 ribu, sedangkan untuk daging sapi dari segar dari Rp 160 menjadi Rp 170.

"Kenaikan harga komoditi itu akibat banyaknya permintaan pasar apalagi pas di momen hari raya idul adha ini," Jelasnya.

Kendati begitu, walaupun harga dipasaran untuk dua komoditi ini mengalami kenaikan, namun dirinya memastikan untuk stok ketersediaan komoditi tersebut masih dalam tahap aman dan tercukupi.

"Walaupun naik, tapi untuk stok komoditi ini aman. Dan komoditi lain juga stok aman," Ungkap Marwan.

Dirinya membeberkan, untuk kebutuhan komoditi bawang merah di Kepulauan Meranti dihasilkan dari daerah Jawa dan juga Sumatera Barat (Sumbar). Namun, masyarakat Kepulauan Meranti cenderung lebih tertarik dengan bawang merah asal Jawa.

"Memang sih katanya bawang dari Jawa rasanya lebih beda. Dan kita di Kepulauan Meranti juga ada penghasil bawang merah, tapi tidak terlalu banyak," Bebernya.

"Dan kalau untuk daging itu dari Kepulauan Meranti," Tambahnya.

Untuk memantau ketersediaan stok dan memantau harga, pihaknya terus menurunkan personil di setiap pasar yang ada di Wilayah Kepulauan Meranti.

"Anggota terus turun untuk memantau dari harga hingga stok ketersediaan setiap hari, untuk kita update dan lapor ke Provinsi dan pusat," Kata Marwan. [Wira]

Terkini