DLHK Riau Lakukan Pembasahan Lahan Bekas Kebakaran di Bengkalis

Rabu, 22 Maret 2023 | 12:05:08 WIB

Metroterkini.com - Tim Brigade Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau melakukan pembahasan lahan gambut bekas terbakar di Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. 

Pembasahan lahan gambut tersebut setelah kebakaran di wilayah itu berhasil dilakukan penanganan Tim Satgas Karhutla Kabupaten Bengkalis dan Tim UPT KPH Bengkalis Pulau. 

"Jadi setelah kebakaran di Desa Kembung Luar berhasil dipadamkan, selanjutnya Tim Brigader DLHK Riau turun ke lapangan untuk memperkuat Tim UPT KPH Bengkalis yang telah turun beberapa hari yang lalu memadamkan api," kata Kepala DLHK Riau, Mamun Murod melalui Kabid Perubahan Iklim, Mohd Fuad, Riau (22/3/2023). 

Fuad mengatakan, Tim Brigader DLHK Riau turun guna melakukan pembasahan lahan lanjutan bekas terbakar untuk mengantisipasi agar kadar air di lahan  tersebut tetap terjaga.

"Pembasahan ini sangat perlu dilakukan karena mengingat kondisi lahan yang bekas terbakar debet airnya berkurang. Itu bisa dilihat pada Web Sipongi dan Sipalaga Kementerian LHK. Sehingga lahan tersebut rawan kebakaran," ujarnya. 

Untuk itu, lanjut Fuad, pihaknya mengimbau kepada semua pihak untuk sama mengantisipasi kebakaran lahan di wilayahnya. 

"Karena kalau lahan terbakar dampaknya itu yang rugi kita juga. Jadi mari sama-sama jaga lahan kita agar tidak terbakar," pungkasnya.*

 

Terkini