Cegah Lakalantas, Aparat Gabungan di Pekanbaru Cek Bus dan Sopir

Selasa, 27 Desember 2022 | 16:00:17 WIB

Metroterkini.com - Petugas gabungan mengecek seluruh angkutan di Terminal Bandar Raya Patung Sekaki (BRPS) di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Pengecekan dilakukan untuk memastikan seluruh kendaraan aman dalam perjalanan selama libur Natal dan tahun baru.

Pengecekan dilakukan Satlantas Polresta Pekanbaru sejak pagi tadi. Selain jajaran Satlantas, hadir pula pejabat Ramp Check Terminal BPRS Pekanbaru Abdullah Nur di Posko Pelayanan dan Monitoring angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Setiba di lokasi tim gabungan langsung memeriksa kendaraan angkutan umum yang akan membawa penumpang ke luar daerah. Pemeriksaan mulai dari sopir, kernet hingga lampu lampu kendaraan, rem, klakson dan kelengkapan lainnya.

"Semua diperiksa untuk memastikan agar kendaraan sudah layak jalan selama libur Nataru. Semua mulai dari sopir dan mobil dicek secara bertahap," kata Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Birgitta Atvina, Selasa (27/12/2022).

Khusus untuk sopir, pemeriksaan dilakukan secara bertahap hingga musim libur selesai. Bahkan petugas menyampaikan imbauan keselamatan terhadap para sopir dan juga penumpang selama diperjalanan.

"Sopir semua kita cek bertahap karena tak ingin ada hal buruk terjadi. Makanya sopir sama mobil harus sama-sama sehat, jadi selama perjalanan aman karena kondisi semua layak," katanya.

Khusus untuk bus-bus pariwisata, jajaran Satlantas dipastikan terus memberikan imbauan rutin. Terutama loket-loket bus yang mengangkut wisatawan dari dalam dan luar Kota Pekanbaru.

"kita imbau para sopir jika lelah ataupun mengantuk silahkan beristirahat di lokasi yang yang sudah disiapkan seperti Pos PAM ataupun Pos Yan. Kalau kurang fit silahkan periksa kesehatan. Tadi saja kita periksa ada puluhan dan masih berjalan," imbau Gitta.

Dalam catatan Satlantas, angkutan darat merupakan angkutan yang banyak dipakai oleh masyarakat untuk sarana Transportasi angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kota Pekanbaru. Terutama dari wilayah Pekanbaru ke Sumatera Utara, Sumatera Barat hingga pulau Jawa. [**]

Terkini