Tegang, China Kembali Tembakkan Rudal Dongfeng ke Taiwan

Kamis, 04 Agustus 2022 | 22:15:26 WIB

Metroterkini.com - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan China telah menembakkan sejumlah rudal balistik Dongfeng di perairan timur laut dan barat daya Taiwan pada pukul 13.56 hari ini, Kamis (4/8). China sendiri telah memulai latihan militer mereka pada hari ini.

Tak hanya itu, dua rudal diluncurkan oleh China menuju kepulauan Matsu Taiwan sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Kedua rudal itu menuju ke dua titik latihan militer yang diumumkan China sebelumnya.

Sebagaimana diberitakan Reuters, informasi ini disampaikan dalam laporan pertahanan Taiwan dan dikonfirmasi seorang sumber pertahanan.

AFP melaporkan China melangsungkan latihan militer terbesar mengelilingi Taiwan pada hari ini, merespons kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat Nancy Pelosi beberapa waktu lalu.

Latihan itu dimulai sekitar pukul 12.00 waktu setempat, pun melibatkan 'tembakan langsung.'

"Enam area besar di sekitar pulau telah dipilih untuk latihan tempur saat ini dan dalam periode ini, kapal dan pesawat yang terlibat tidak boleh memasuki perairan dan ruang udara yang dilibatkan," demikian pernyataan dari media pemerintah China CCTV, seperti dikutip dari AFP.

Sementara itu, beberapa jurnalis AFP melaporkan sejumlah proyektil kecil ditembakkan ke udara, ditemani dengan kepulan asap dan suara ledakan.

AFP sendiri tidak dalam posisi bisa mengidentifikasi proyektil yang ditembakkan.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pihak militer China terkait peluncuran sejumlah rudal balistik Dongfeng dekat wilayah Taiwan.
 

Terkini