Polisi Israel-Warga Palestina Bentrok Lagi di Al-Aqsa

Jumat, 22 April 2022 | 00:06:53 WIB

Metroterkini.com - Kepolisian Israel kembali terlibat bentrok dengan massa pedemo Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, sejak Jumat (22/4) pagi.

Bentrokan ini menjadi yang terbaru terjadi di Al-Aqsa setelah insiden serupa terjadi di masjid ketiga yang sangat disucikan umat Muslim itu.

Kali ini, Palang Merah Palestina melaporkan setidaknya 57 orang terluka, termasuk 14 warga Palestina yang dilarikan ke rumah sakit. Salah satu warga terluka yang dibawa ke rumah sakit dikabarkan dalam kondisi serius.

Saksi mata menuturkan kepolisian Israel memasuki area masjid itu pada Jumat sebelum fajar dan langsung disambut lemparan batu oleh massa Palestina.

Polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet ke massa Palestina yang melempar batu, dan kemudian menggunakan drone untuk menyemprotkan gas air mata dari udara, kata seorang fotografer AFP di lokasi kejadian.

Sumber di kepolisian menyebutkan setelah salat dzuhur, beberapa jemaah meneriakkan "hasutan" dan mencoba merusak sebuah pos keamanan.

Lebih dari 200 orang, sebagian besar warga Palestina, terluka dalam bentrokan di dalam dan sekitar Al-Aqsa dalam seminggu terakhir.

Warga Palestina telah marah dengan pengerahan besar-besaran polisi Israel dan kunjungan berulang kali oleh orang-orang Yahudi ke tempat suci itu di saat bulan suci Ramadan berlangsung.

Jemaah Palestina Alaa al-Haddad mengatakan Israel membatasi akses ke Al-Aqsa, dan ini telah menciptakan "ketegangan yang mengarah pada bentrokan", dengan ratusan orang ditangkap dalam beberapa hari terakhir.

"Itu semua karena pasukan pendudukan secara teratur menyerbu masjid suci Al-Aqsa," kata Haddad.

Pekan lalu, bentrok sempat terjadi di Masjid Al-Aqsa. Bentrok tersebut turut melibatkan kepolisian Israel dan demonstran Palestina.

Akibat bentrok ini, lebih dari 150 orang terluka.

Menurut kepolisian Israel, puluhan pria bermasker menyerbu Masjid Al-Aqsa dan menyalakan kembang api. Setelah itu, kerumunan orang melemparkan batu ke Tembok Barat, area masjid yang dianggap sebagai situs paling suci umat Yahudi.

Beberapa saksi mengatakan pihak Palestina melempari batu ke polisi Israel, kemudian dibalas dengan peluru karet dan granat kejut.

Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam, dan situs paling suci bagi umat Yahudi yang dikenal sebagai Temple Mount. [*]
 

Terkini