5 Rekomendasi Obat Wasir Alami, Termasuk Lidah Buaya

Sabtu, 09 April 2022 | 00:46:19 WIB

Metroterkini.com - Pernahkah Anda mengalami penyakit ambeien? Jika pernah, tentu Anda paham benar bagaimana rasa tak nyaman terasa di bagian tersebut bukan? Nah, dalam artikel ini, akan disajikan sederet obat ambeien atau obat wasir alami yang bisa jadi solusi keluhan kesehatan ini.

Prosedur untuk mengatasinya sendiri sebenarnya beragam. Mulai dari mengubah pola makan menjadi lebih sehat, obat dari dokter, hingga tindakan operasi atau bedah. Namun obat wasir alami juga bisa menjadi alternatif, meski mungkin pemulihannya tak secepat operasi atau obat dari dokter.

Berikut beberapa obat wasir alami yang bisa Anda gunakan.

1. Cuka Apel

Obat herbal pertama untuk mengatasi wasir adalah cuka apel. Obat ini ampuh untuk mengatasi gejala wasir yang mulai muncul karena mengandung asam asetat yang bisa mengecilkan jaringan. Cuka apel juga memiliki sifat anti bakteri, sehingga bisa mengurangi peradangan yang terjadi.

Meski demikian, cuka apel sangat rawan memicu iritasi, sehingga penggunaannya harus benar-benar atas rekomendasi dokter atau tenaga kesehatan yang ahli.

2. Lidah Buaya

Dikenal luas sebagai salah satu bahan dengan kandungan anti inflamasi, lidah buaya yang sudah berbentuk gel bisa jadi solusi obat wasir alami. Sensasi sejuk yang diberikannya bisa menenangkan dan melemaskan pembuluh darah yang meradang.

Selain itu, gel lidah buaya bisa mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi susu besar keluar lebih lunak. Namun demikian penggunaannya juga wajib menjalani uji alergi dahulu, karena bahan ini memicu alergi pada beberapa orang.

3. Garam Epsom dan Gliserin

Selanjutnya ada garam epsom dan gliserin yang bisa digunakan untuk duduk berendam. Larutan ini bisa digunakan setidaknya 15 menit, beberapa kali sehari, setelah Anda selesai buang air besar. Metode pengobatannya dikenal dengan nama Sitz Bath.

Cara lain bisa dengan campurkan 2 sendok makan garam epsom dan 2 sendok makan gliserin, kemudian oleskan campuran pada kain kasa. Tempelkan pada bagian kulit yang mengalami wasir, dan diamkan selama 15 menit. Ulangi setiap 4 jam atau 6 jam sekali hingga rasa nyeri reda.

4. Minyak Kelapa

Obat wasir alami selanjutnya yang bisa digunakan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada area yang mengalami wasir.

5. Witch Hazel

Lebih dikenal sebagai salah satu produk toner, witch hazel juga bisa digunakan untuk menjadi obat alami untuk wasir. Sifatnya adalah anti bakteri dan mengandung zat tanin, sehingga bisa mengurangi rasa gatal dan rasa sakit.

Itu tadi, setidaknya 5 obat wasir alami yang bisa digunakan. Jangan lupa, selalu konsultasikan obat alami ini dengan dokter kepercayaan Anda, agar tidak terjadi kontra indikasi yang merugikan. Semoga berguna, dan selamat beraktivitas!
 

Terkini