Cara Dapat BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu, Cek Disini

Ahad, 03 April 2022 | 22:34:32 WIB

Metroterkini.com - Menanggapi mahalnya harga minyak goreng, pemerintah berinisiatif menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat. Lalu bagaimana cara dapat BLT minyak goreng 2022?

Sebelum tahu cara dapat BLT minyak goreng 2022, Anda perlu memastikan dahulu termasuk kelompok masyarakat yang memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan atau tidak. Siapa saja kriteria penerima BLT minyak goreng?

Perlu Anda ketahui bahwa BLT minyak goreng 2022 akan disalurkan kepada keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Tak hanya dua kelompok masyarakat tersebut saja, pedagang kaki lima (PKL) yang menjual makanan gorengan pun turut menjadi target BLT minyak goreng.

Adapun target penerima BLT minyak goreng adalah 23 juta orang dengan rincian sebagai berikut:

Kelompok keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 20,5 juta.

Kelompok PKL yang berjualan makanan gorengan sebanyak 2,5 juta.

Rencananya BLT minyak goreng akan mulai disalurkan bulan ini. Bantuan langsung tunai ini akan diberikan sebesar Rp 100 ribu setiap bulan. Program BLT minyak goreng diadakan selama tiga bulan, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300 ribu.

Mengutip pernyataan Presiden RI, Joko Widodo BLT minyak goreng akan disalurkan kepada keluarga penerima BPNT, PKH, dan PKL yang menjual makanan gorengan. Oleh karena ituz pastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT dan PKH atau tidak. 

Nah, berikut ini cara dapat BLT minyak goreng 2022 yang perlu diketahui.

Berikut cara cek penerima bansos 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id:

1. Ketik link cekbansos.kemensos.go.id
Setelah muncul lalu isikan data yang diminta sesuai KTP.
Masukkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf dan jangan lupa  untuk sertakan spasi.
Lalu klik "Cari Data"

Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya".

2. Buka Aplikasi Cek Bansos

Tak hanya via laman Cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah Anda penerima BPNT 2022 atau tidak, tapi juga dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos.

Sebelumnya Anda dapat mengunduh aplikasi Cek Bansos di PlayStore atau AppleStore. Usai mengunduh maka Anda bisa mengecek dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Buka aplikasi Cek Bansos yang sudah terunduh dan terpasang di ponsel
Pilih menu "Cek Bansos"
Silakan ketik data diri seperti wilayah dan nama sesuai KTP
Lalu klik "Cari Data"
3. Kunjungi Kantor Dinas Sosial

Jika dua cara yang telah disebutkan di atas terlampau rumit maka kunjungi kantor Dinas Sosial terdekat untuk memastikan status penerimaan BKT Anda.

Demikian informasi mengenai cara dapat BLT minyak goreng 2022 yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. [**]

Terkini