Planet Venus Dicurigai Jadi Habitat Alien Aneh

Selasa, 21 Desember 2021 | 22:49:17 WIB

Metroterkini.com - Apakah ada kehidupan di Planet Venus masih menjadi misteri sampai saat ini. Dalam sebuah riset terbaru ini, diyakini ada potensi bentuk kehidupan alien yang aneh di planet tersebut yang tak diketahui sebelumnya atau sangat berbeda dari kehidupan di Bumi.

Makhluk hidup itu kemungkinan memproduksi ammonia di awan Venus. Di Planet Bumi, ammonia adalah kotoran dari organisme air.

Nah, adanya ammonia di bagian atas atmosfer Venus sudah membingungkan ilmuwan karena kemungkinan tidak diproduksi oleh sesuatu yang sudah dikenal sebelumnya.

Dikutip dari detikINET, Selasa (21/12/2021) Venus sendiri adalah planet yang sangat panas sehingga hanya di awan itulah kemungkinan ada kehidupan dalam bentuk mikroba. Namun, komposisi kimianya tidak seperti yang ada di Bumi atau bahkan di Mars.

Itu karena Mars agak mirip dengan Bumi sedangkan Venus ini tidaklah seperti planet lainnya di Tata Surya kita. Dalam studi ini, periset dari Cardiff Universit, MIT dan Cambridge University meneliti proses kimia di awan Venus.

"Kami tahu bahwa kehidupan bisa tumbuh di lingkungan asam di Bumi, namun tidak ada yang seasam awan di Venus. Tapi jika ada sesuatu memproduksi amonia di awannya, itu akan membuatnya lebih bisa ditinggali," kata pemimpin studi ini, Dr William Bains.

Mereka pun mengajukan teori bahwa asal muasal ammonia itu adalah karena proses biologis makhluk hidup, bukan karena kekuatan alam seperti petir atau erupsi vulkanis.

Namun demikian, memang potensi adanya alien di Venus tetap sangat kecil. Namun demikian, bisa jadi kehidupan di sana, jika memang ada, sangat berbeda keadaannya dengan yang dikenal di Bumi.

Untuk membuktikannya, jelas diperlukan pengambilan sampel dari planet Venus sendiri. Namun prosesnya sangat sukar dan mahal sehingga sampai saat ini, belum ada rencana pasti untuk melakukannya. [**]

Terkini