Teh Hijau Ampuh untuk Jerawat dan Masalah Kulit

Senin, 05 Desember 2016 | 00:00:13 WIB

Metroterkini.com - Teh hijau sangat populer di kawasan Asia Timur, terutama di Jepang. Pada dasarnya bahan pembuatannya berasal dari tanaman teh (Camelia Sinesis).

Beragam manfaat kesehatan dan kecantikan yang didapat dari teh hijau, di antaranya ialah membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menambah energi. Kemudian, kandungan polyphenois katekin membantu menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak di perut.

Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition kemampuan tubuh membakar lemak meningkat sebesar 4% dalam waktu 24 jam setelah minum teh hijau.

Selain itu, teh hijau juga membantu mengatur glukosa, karbohidrat, dan menghambat peningkatan gula darah setelah makan. Antioksidan teh hijau yang tinggi membantu tekstur kulit lebih baik, kulit menjadi awet muda dan lebih elastis.

Khasiat teh hijau untuk kecantikan ialah membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang terjadi pada kulit. Tak hanya bagus untuk kulit tubuh dan wajah, teh hijau juga sangat baik membantu pertumbuhan rambut, membuat akar rambut kuat dan mencegah rambut rontok.

Lalu, bagaimana cara kerja teh hijau untuk mengempiskan jerawat sekaligus mengatasi jerawat nanah yang sering muncul di wajah?

Dilansir tabloidnova, teh hijau memang terbukti efektif membantu mengobati jerawat dan masalah kulit lainnya. Kandungan antibakterinya bertindak secara efektif mengurangi hormon berlebih untuk produksi jerawat.

Bahan antibakterinya juga ampuh melawan kuman penyebab jerawat. Kandungan antibakteri teh hijau akan membantu dalam membunuh mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

Menurut The University of Maryland Medical Center seperti dikutip Live Strong, senyawa katekin dalam teh hijau juga efektif sebagai bahan anti-inflamasi. Bahan ini diperlukan untuk mengurangi peradangan jerawat, dan secara otomatis meminimalisir bekas luka yang ditimbulkan oleh peradangan jerawat tadi.

Senyawa antioksidan dalam teh hijau akan meningkatkan molekul yang mengikat kelebihan hormon seks. Hormon ini juga bisa merangsang pertumbuhan jerawat. Minum teh hijau secara teratur secara tidak langsung dapat menyeimbangkan hormon yang dapat mengakibatkan jerawat tadi. [**]

Terkini