Perbedaan Facebook dan Twitter

Rabu, 01 Desember 2010 - 06:17:33 WIB
Share Tweet Instagram

Ada perbedaan yang sangat mendasar antara Facebook dan Twitter. Twitter walaupun bentuknya lebih sederhana tapi dari segi System Dynamic dia memiliki Kompleksitas yang lebih tinggi.

Teknologi Facebook hakekatnya masih ditengah-tengah antara teknologi Web 1.0 dengan Web 2.0 Sedangkan Twitter sudah lebih dari itu malahan mungkin diantara Web 2.0 dengan Web 3.0 Facebook hanya memiliki kemampuan Transfer of Information sedangkan Twitter lebih dari itu yakni ˜Transfer of Knowledge atau Knowledge Transfer.

Hakekat dari pada Knowledge Transfer adalah Contextual Learning yang mana pada era Web 2.0 Context is the Kinga. Sehingga kita para users Twitter dituntut user experiencenya lebih tinggi atau experience richâ atau kasarnya disuruh lebih belajar.

Inilah masalahnya di Indonesia saat ini karena para users terbuai oleh iklan-iklan devices yang canggih-canggih maka dalam konteks penggunaan alat-alat ICT tidak lagi terjadi digital gap atau digital divide tapi terjadi gap antara (aspek device) dengan learning (aspek human learning) (silahkan mempelajari Link http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topics/not-digital-divide-but-el NOT DIGITAL DIVIDE, BUT.

Kita lihat saja untuk mempelajari Twitter, lebih banyak pedoman atau guides yang dikeluarkan dan tidak semudah Facebook untuk para usersnya. Sebagai tambahan, pada System Dynami dimana users plus Twitter sebagai Social Platform merupakan suatu entitas (kesatuan) Complex Adaptive System (CAS). Ciri CAS ialah memiliki kemampuan Emergent Properties yakni sifat atau perilaku yang mendadak muncul yang sebelumnya tidak terprediksikan.

Dalam hal Twitter dibanding Facebook kemampuan ini akan menonjol, contohnya aplikasi-aplikasi yang generated oleh Twitter lebih banyak dan membikin ketagihan usernya. Sebagai contoh salah satunya adalah Tweetdeck yang saya pakai merupakan tool yang sangat komprehensif mengemban amanat Web 2.0 sehingga lebih memudahkan dampak viral effect./mtc


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT