Zulhas : Minyak Goreng di Jawa dan Sumatera Rp 14.000 

Zulhas : Minyak Goreng di Jawa dan Sumatera Rp 14.000 

Metroterkini.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengeklaim, harga minyak goreng curah di sejumlah daerah Indonesia sudah mencapai Rp 14.000 per liter. Meski demikian, dia mengakui juga ada daerah yang harga minyak goreng lebih mahal dari Rp 14.000 per liter. 

"Bisa dicek Jawa, Bali sudah Rp 14.000, Sumatera Rp 14.000. Memang yang jauh mahal. Papua, Tarakan, Maluku itu masih ada yang Rp 20.000, tapi Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan sebagian Sulawesi Rp 14.000," kata Zulkifli ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022). 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku sudah memiliki solusi terkait dengan harga minyak yang masih tinggi. Jalan keluar itu diharapkan mampu terwujud melalui program Minyakita. Program ini pun akan diluncurkan Kementerian Perdagangan pada besok, Rabu (6/7/2022). 

"Kita mulai pakai kemasan sederhana, mereknya Minyakita. Besok akan kita launching di Kemendag, Minyakita," ujarnya. 

Dia berharap, program Minyakita ini dapat dijual di pasaran dengan harga Rp 14.000 di seluruh Indonesia. Zulhas mengatakan, harga tersebut bisa ditekan karena telah mendapatkan penyesuaian dari kemasan. 

"Mudah-mudahan nanti Papua, Maluku, yang jauh bisa harganya Rp 14.000, ditulis harganya Rp 14.000. Jadi enggak boleh lebih, nah itu ya kan tambahan ongkos bagi pabrik, bikin kemasannya kan. Nah dia kita kasih bonus," terang Zulhas sembari menunjukkan kemasan Minyakita. 

Sebelumnya, Zulhas juga mengeklaim minyak goreng curah Rp 14.000 per liter sudah tersedia di banyak tempat. 

Bahkan, kata dia, stok minyak goreng curah Rp 14.000 per liter juga sudah mencukupi kebutuhan masyarakat, khususnya di daerah Jawa dan Bali. "Minyak goreng curah sudah Rp 14.000, banyak tersedia everywhere," ujarnya di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (4/7/2022). 

Mendag Zulhas mengatakan, pihaknya akan meluncurkan program Minyakita agar masyarakat di seluruh Indonesia bisa memenuhi kebutuhannya akan minyak goreng curah. Adapun program Minyak Kita merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yaitu Minyak Goreng Curah Rakyat alias MGCR. [**]

Berita Lainnya

Index