Kampung Ini Dibangun Pakai Dana Infak Salat Idul Fitri 

Kampung Ini Dibangun Pakai Dana Infak Salat Idul Fitri 

Metroterkini.com - Lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, RW 001 Cipinang Besar, Jatinegara, Jakarta Timur, kini akan dibangun kembali menjadi Kampung Gembira Gembrong.  Mengutip siaran pers Pemprov DKI Jakarta, pembangunan Kampung Gembira ini menelan anggaran senilai 7,8 Miliar rupiah. 

Dana sebesar itu merupakan hasil kolektif yang dikumpulkan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta, terutama saat pengumpulan infak dan sadaqah saat berlangsungnya solat Idulfitri di Jakarta International Stadium (JIS) awal Mei lalu. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan,  penggunaan dana infak memang dimungkinkan selama untuk kepentingan masyarakat. 

"Kalau yang namanya dana infak dari salat itu sejauh digunakan untuk kepentingan masyarakat, kepentingan umum kan enggak ada masalah," ucap Ariza dilansir dari Tribun Jakarta, Sabtu (2/7/2022).  

Ariza menyebut, dana infak selama ini memang biasanya digunakan untuk operasional masjid, mulai dari membayar listrik sampai perbaikan atau renovasi masjid atau musala. 

"Kalau di JIS kan dana infaknya tidak untuk perbaikan masjid atau musala di situ, atau operasional di situ, sehingga dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan," ujarnya. 

Oleh karena itu, Pemprov DKI memutuskan untuk menggunakan dana tersebut untuk membangun kembali permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong. Dengan begitu, warga Pasar Gembrong yang kehilangan tempat tinggalnya usai kebakaran melanda lokasi itu dua bulan lalu bisa kembali mempunyai rumah yang layak huni. 

"Kebetulan di Pasar Gembrong itu membutuhkan bantuan, saya kira tidak ada yang salah sejauh itu terbuka dan transparan," kata Ariza.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan revitalisasi rampung pada September 2022. Setidaknya ada 136 unit yang akan dibangun dan menelan biaya Rp 7,8 miliar. Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi. Rencananya, permukiman itu akan dinamai 'Kampung Gembira Gembrong'. 

"Pagi ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kampung Gembrong ini, dan rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong," kata Anies, Jumat (1/7/2022) kemarin.

Permukiman korban kebakaran Pasar Gembrong itu akan direvitalisasi dengan mengusung konsep water front city, di mana sungai akan menjadi bagian dari halaman depan permukiman tersebut. Permukiman yang tadinya berdiri di samping aliran Kali Cipinang itu ke depan akan menghadap ke Kali Cipinang.

"Sungainya jangan dibelakangi, sungainya harus dijadikan sebagai halaman depan," kata Anies. [**]

Berita Lainnya

Index