Cegah Mobil Diesel Masuk Angin, Jangan Kehabisan Solar

Cegah Mobil Diesel Masuk Angin, Jangan Kehabisan Solar

Metroterkini.com – Bagi pemilik mobil bermesin diesel sudah tidak asing dengan istilah 'masuk angin'. Masuk angin pada mobil diesel adalah kondisi mobil sulit dinyalakan lantaran adanya udara yang bercampur di bahan bakar. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya udara yang keluar saat nozzle menyembur membuat solar sulit untuk dimampatkan. 

Namun tidak perlu cemas, masuk angin pada mobil diesel keluaran lawas ini bisa dicegah dengan cara sederhana. Salah satunya, dengan mengantisipasi agar jangan sampai mobil kehabisan solar saat melakukan perjalanan. 

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, penyakit masuk angin ini menjadi hal yang lumrah terjadi pada mobil mesin diesel. 
"Biasanya, penyebab masuk angin pada mobil diesel karena tangki bahan bakar yang kosong atau terlambat melakukan pengisian. Sehingga, udara ikut terbawa masuk ke dalam sistem bahan bakar,” ujar Didi beberapa waktu lalu. 

Untuk itu, Didi pun menyarankan, agar pemilik mobil mesin diesel segera melakukan pengisian solar saat indikator bahan bakar mendekati huruf E. 

Langkah tersebut untuk mengantisipasi agar tidak kehabisan solar di tengah jalan yang bisa menyebabkan udara dalam tangki bahan bakar yang ikut terbawa. 

Didi menambahkan, jika mesin diesel sudah mengalami masuk angin mau tidak mau harus dilakukan pemompaan pada komponen priming pump. Tujuan dari pemompaan ini untuk mengeluarkan udara yang ada di ruang bahan bakar. 

"Priming pump ini dilakukan secara manual dan berulang kali yakni menggunakan telapak tangan. Jika dirasa sudah berat itu menandakan bahwa solar sudah berhasil dimampatkan,” kata Didi. [**]

Berita Lainnya

Index