Hasil Studi: Pria Cerdas Cenderung Lebih Setia 

Hasil Studi: Pria Cerdas Cenderung Lebih Setia 

Metroterkini.com - Perselingkuhan menjadi salah satu isu paling sering terjadi dalam hubungan asmara. Hilangnya kesetiaan tentu mampu menghancurkan ikatan yang dijalin. Bahkan dalam beberapa kasus, perselingkuhan menimbulkan trauma mendalam bagi korbannya.

Stereotipe yang berkembang di masyarakat condong menganggap semua pria lebih sering selingkuh. Namun jangan menyamaratakan hal tersebut kepada semua lelaki. Pasalnya, hasil penelitian justru menunjukkan bahwa pria yang memiliki IQ tinggi cenderung tidak selingkuh saat menjalin hubungan.

Dilansir dari Insider, studi tahun 2010 ini menunjukkan bahwa pria yang memiliki kecerdasan tinggi lebih menghargai hubungan monogami.

"Banyak laki-laki cerdas lebih menghargai hubungan monogami dan kehidupan seksual yang eksklusif dibandingkan lelaki yang kurang cerdas," ungkap Dr. Satoshi Kanazawa salah satu peneliti dalam studi tersebut.

Uniknya, hal tersebut tidak berlaku bagi perempuan. Peneliti ini menjelaskan bahwa mulanya pria memiliki kesempatan banyak untuk berhubungan dengan wanita untuk menghasilkan banyak keturunan. Kemudian seiring berjalannya waktu, Kanazawa menambahkan bila hanya pria kurang cerdas saja yang masih melakukan hal tersebut.

Ini dikarenakan pria yang kurang cerdas tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol diri dan tidak bisa melepaskan naluri dasar mereka. Oleh karenanya, pria yang kurang cerdas dirasa lebih mampu untuk menipu pasangan mereka.

Sementara itu, wanita pada dasarnya melihat peluang yang lebih baik saat memiliki satu pasangan. Ini karena wanita punya jumlah telur yang terbatas untuk bereproduksi. Oleh karena itu, wanita lebih mencari kualitas dibandingkan kuantitas. Jadi, tidak akan ada banyak perbedaan mengenai kecerdasan dan perselingkuhan yang dilakukan. [**]

Berita Lainnya

Index