Penyebab Kucing Suka Menggigit Kaki Pemiliknya 

Penyebab Kucing Suka Menggigit Kaki Pemiliknya 

Metroterkini.com - Penyebab kucing peliharaan kerap menggigit kaki pemiliknya perlu diketahui, terutama oleh orang yang memelihara hewan berbulu itu di rumahnya. Pasalnya, bukan satu atau dua kucing saja yang kerap menunjukkan perilaku tersebut. Tentu ada alasan di balik tingkah menggemaskan itu. 

Dilansir dari kompascom pada Sabtu (28/5/2022), berikut ini 5 penyebab kucing peliharaan suka menggigit kaki pemiliknya. 

1. Perilaku agresif 
Kucing yang mengigit kaki seseorang bisa jadi tanda bahwa ia memiliki sifat agresif. Hal ini mungkin karena masalah sosialisasi yang dialami kucing ketika masih kecil, atau lingkungan yang membuat kucing menjadi stres. 

Saat seekor kucing sedang stres, ia akan menyerang (termasuk menggigit) sebagai bentuk pertahanan diri. 

Oleh sebab itu, bawa kucing peliharaan ke dokter hewan untuk mengetahui sumber spesifik perilaku agresifnya dan luangkan waktu untuk bermain dengannya. 

2. Terlalu senang berlebihan 
Hewan peliharaan seperti kucing kerap tidak tahu cara mengelola energi dan rasa gembira. Senang berlebihan bisa menjadi penyebab kucing peliharaan menerkam dan menggigit kaki pemiliknya. 

3. Naluri 
Naluri berburu yang ada pada diri kucing membuat ia ingin menangkap sesuatu secara alami. Perlu diingat bahwa kucing adalah hewan teritorial dan juga predator sehingga mereka terbiasa mengejar sesuatu. 

Bagi beberapa kucing, dorongan untuk mengejar sesuatu bisa begitu kuat sehingga kaki seseorang yang bergerak di sekitarnya akan memicu kucing untuk menyerang dan menggigit. 

Ketika kucing melihat kaki bergerak-gerak di bawah selimut tempat tidur, mereka akan waspada dan menyerang atau menggigit sesuai nalurinya. 

4. Bosan 
Rasa bosan yang dialami kucing bisa menjadi penyebab lain kucing tiba-tiba menggigit kaki pemiliknya. Akan tetapi, ketika kucing menggigit kaki pemiliknya, bisa jadi karena ia merasa diabaikan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengajak kucing peliharaan bermain daripada harus mengabaikannya. 

5. Sedang sakit 
Pernahkah kucing peliharaan tiba-tiba menggigit kaki pemiliknya saat tidur? Jika iya, sebaiknya segera bangun dan langsung periksa kucingmu, lihatlah apakah ia sedang sakit atau tidak. 

Ketika kucing menggigit (termasuk menggigit kaki) biasanya ingin memberitahu bahwa ia sedang sakit atau ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhnya. Saat merasa tidak nyaman, kucing menganggap bahwa ketidaknyamanan itu adalah sebuah ancaman. [**]

Berita Lainnya

Index