Puluhan Balita Teluk Meranti Terserang Diare

Puluhan Balita Teluk Meranti Terserang Diare
TELUK MERANTI - Puluhan balita di Desa Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau terserang diare sepanjang Juni 2010, akibat kwalitas air yang tercemar salah satunya karena limbah. Menurut bidan Puskesmas Teluk Meranti Romika, Senin (21/6) kemarin,

Diare menyerang akibat kualitas air di daerah tersebut buruk. Sebab kualitas air Sungai Kampar saat ini sangat buruk dan sudah berlangsung beberapa tahun belakangan ini. Masyarakat di Teluk Meranti banyak yang menggunakan air sungai untuk minum dan makan. Akibatnya, diare menjadi penyakit rutin di Teluk Meranti, terutama di musim kemarau.

"Kalau musim hujan, para bayi biasanya menderita penyakit kulit karena mereka kerap bermain air bah," kata bidan yang sudah tiga tahun mengabdi di desa Teluk Meranti ini.

Hal senada diutarakan Ketua Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Riau Jhony S Mundung. Menurut hasil penelitian Badan Lingkungan Hidup (BLH), Sungai Kampar telah tercemar sejak tahun 2005. Airnya telah tercemar limbah dari sejumlah perusahaan di daerah itu, satu diantaranya perusahaan bubur kertas milik RAPP. Jhony mengatakan air itu tak layak konsumsi. Namun, warga sangat ketergantungan dengan aliran sungai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Solusinya, BLH dan Dinas Kesehatan setempat harus turun dan melakukan studi komprehensif mengenai masalah itu. Hal itu juga harus didukung sosialisasi dari perusahaan yang beroperasi di daerah tersebut. **/bas

Berita Lainnya

Index