Ini Bahaya Obat Anti Nyamuk Elektrik bagi Kesehatan

Rabu, 17 Juni 2015 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini. com - Kehadiran nyamuk memang sangat mengganggu, terutama pada waktu-waktu istirahat. Terlebih bagi anak-anak, saat mereka hendak terlelap tiba-tiba menjerit dan menangis sebab digigit nyamuk. Untuk mengatasi hal itu, banyak orang tua mengambil solusi dengan memberikan obat anti nyamuk.

Saat ini jenis anti nyamuk semakin variatif, mulai dari anti nyamuk bakar hingga anti nyamuk elektrik. Semuanya mempunyai fungsi sama, yaitu mengusir nyamuk bahkan membunuhnya. Akan tetapi obat anti nyamuk bakar sekarang sudah banyak ditinggalkan, para orang tua lebih memilih anti nyamuk elektrik.

Anti nyamuk elektrik lebih disukai karena higienis dan efisien. Tidak mengeluarkan asap seperti anti nyamuk bakar yang bisa mengganggu pernafasan dan menimbulkan perubahan warna pada tembok kamar. Penggunaannya cukup mudah, hanya menancapkannya pada stop kontak listrik saja. Anti nyamuk elektrik hanya memunculkan aroma-aroma harum yang tidak disukai nyamuk tapi disenangi manusia.

Zat Aktif Berbahaya dalam Anti Nyamuk Elektrik

Namun, ternyata anti nyamuk elektrik juga tidak nihil risiko, bahkan tergolong berbahaya. Bahaya anti nyamuk elektrik dikarenakan aroma harum dari pengusir nyamuk ini mengandung bahan aktif d-allethrin yang berbahaya bagi kesehatan.  Bahan aktif tersebut termasuk dalam golongan pyrethroid, metoflutrin, dan sifentrin seperti dilansir dari viva.

Allethrin termasuk insektisida kelas menengah yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit, mata, dan asma. Bahan aktif pada beberapa merk anti nyamuk elektrik ini jika dihirup dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru dan hati.

Jika sudah demikian, hati tidak bisa berfungsi maksimal untuk melakukan detoksifikasi secara sempurna. Akhirnya menimbulkan radikal bebas yang akan ikut peredaran darah menuju seluruh tubuh. Oleh karena itu penggunaan anti nyamuk elektrik tidak dianjurkan digunakan sepanjang malam.

Tips Menggunakan Obat Nyamuk Elektrik dengan Bijak

Iklim tropis Indonesia memang menjadi tempat yang cocok untuk perkembangbiakan nyamuk. Terlebih jika lingkungan sekitar mendukung nyamuk berkembang biak. Untuk menghindari gigitan nyamuk yang bisa berbahaya bagi kesehatan memang kita harus mencegahnya. Bagi Anda yang tidak punya solusi lain kecuali hanya dengan obat anti nyamuk elektrik maka harus disiasati dengan bijak.

Sebaiknya gunakan obat nyamuk elektrik beberapa jam menjelang anak tidur. Matikan segera setelah anak Anda tertidur dan gunakan penghalang nyamuk agar tidak kembali masuk ke kamar anak. Dengan begitu diharapkan anak Anda bebas dari gigitan nyamuk dan meminimalkan pengaruh anti nyamuk elektrik tersebut.[vva]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT