Saat Ini Sidik Jari Bisa Gantikan Password Rekening Bank

Ahad, 07 Juni 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Saat ini Anda sudah bisa menggunakan sidik jari untuk mengunci dan membuka telepon seluler (ponsel) pribadi. Tak lama lagi, Anda juga bisa menggantikan password rekening bank dengan sidik jari.

Melansir laman liputan6, Sabtu (6/6/15), selama setahun terakhir, bank-bank di AS telah meningkatkan upaya untuk menerapkan teknologi biometrik (pemindaian retina, pembaca sidik jari dan alat pengenal garis wajah) ke sistemnya.

Pemindai biometrik dapat memberikan akses masuk ke rekening bank pribadi di ponsel atau komputer pribadi, mentransfer uang, menabung uang tunai tanpa perlu memasukkan password. Itu akan lebih aman digunakan menggunakan password, karena sidik jari setiap orang berbeda.

Sebaliknya, password dapat ditebak atau diretas dengan mudah. Meskipun teknologi tersebut sudah ada sejak bertahun-tahun, tapi data pribadi nasabah menjadi lebih penting bagi lembaga keuangan saat ini.

"AS memiliki kepedulian yang besar terhadap privasi data nasabah," kata Chief Innovation Officer pembuat mesin ATM Diebold, Frank Natoli. Para nasabah tentu tidak akan mudah percaya jika data biometriknya diserahkan pada orang lain.

Tapi saat ini semuanya mulai berubah. Pembaca sidik jari yang digunakan Apple Pay dan jasa pembayaran monil lain telah membuat para nasabah lebih siap menerima teknologi biometrik untuk membayar tagihan atau perbankan.

"Saat pertama diluncurkan Pay By Touch 10 tahun lalu, para konsumen merasa tidak nyaman. Tapi kini banyak alat yang menggunakan teknologi biometrik dan momentumnya meningkat," kata Chief of Digital Solutions di Visa, Sam Shrauger.

Barclaycard di Amerika Serikat siap meluncurkan aplikasi perbankan mobile baru yang dapat membuat para konsumen mengakses rekeningnya dengan teknologi biometrik pekan ini.

Namun lembaga perbankan Wells Fargo mengatakan, password dan username pada ponsel merupakan cara yang janggal untuk mengakses rekening bank. Sidik jari yang lebih ramah konsumen merupakan salah satu faktor yang mendorong bank tersebut menggunakan teknologi biometrik.

"Shift, Caps Lock, Enter, angka, itu sepert berolahraga jari di ponsel Anda," kata Secil Watson, Head of Internet Solutions di Wells Fargo.[lp6]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT