Ini Tips And Trik Kurangi Depresi dengan Rutinitas Berjalan Kaki

Rabu, 27 Mei 2015 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Dr. Mirriam Stoppard dalam buku Panduan Kesehatan Keluarga menuliskan beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi depresi yang kamu alami, salah satunya dengan olahraga ringan, seperti berjalan kaki. Dengan rutin berjalan kaki, kamu justru bisa menggantikan obat antidepresan yang biasa dikonsumsi penderita depresi yang cukup berlebihan seperti dilansir dari family.fimela.com.

Oleh karena itu, sempatkan untuk berjalan kaki minimal 30 menit setiap harinya di sela-sela rutinitas pekerjaan kantor atau bahkan rumah. Minimal 3 -5 kali dalam seminggu. Jika kantormu berada di lantai yang terlalu atas, biasakan menggunakan tangga dibandingkan lift. Atau kamu juga bisa memarkirkan kendaraanmu lebih agak jauh agar ada lebih banyak waktu kamu berjalan kaki hingga sampai meja kantor.

Pendapat yang senada diungkapkan dr. Gunawan Setiadi yang mengatakan bahwa berolah raga ringan seperti berjalan kaki secara teratur bisa menambah tenaga dan mengurangi rasa lelah yang menjadi salah satu penyebab utama depresi. Olahraga kecil ini patut dijadikan pilihan karena memiiki risiko yang sangat kecil dibandingkan olahraga lainnya yang membutuhkan effort yang besar. Hasilnya, peredaran darah yang lebih lancar, sistem imun yang lebih meningkat, pengaturan napas lebih teratur, yang menjadikan tubuhmu lebih rileks.

Dengan berjalan kaki pula, kamu bisa melihat pemandangan sekitar yang bisa saja mendatangkan ide baru untuk pekerjaan. Atau mungkin saat itu pemandangan sedang super sejuk sehingga lebih menenangkan pikiran. Dengan cara simpel, cuma dengan berjalan kaki, pikiran dan badan sehat ada dalam genggaman. So, siap mulai perbanyak jalan minggu ini? [ffm]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT