Batu Sungkai dari Jambi di Larang diperjualbelikan

Kamis, 16 April 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Batu sungkai memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga banyak diburu untuk diperjual belikan. dilansir dari pusatbatu.com Batu tersebut merupakan jenis batuan yang berasal dari kayu sungkai yang membatu karena proses alam. Batu ini paling banyak ditemui di daerah Biuku Tanjung, Kecamatan Bangko Barat, sebagian Kecamatan Batang Masumai, Jambi serta beberapa daerah lainnya. 

Namun tidak banyak yang menjadi pengepul Batu Sungkai, karena pedagang yang menjual Batu Sungkai harus memiliki izin jual-beli dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan untuk saat ini dinas ESDM sudah tidak lagi mengeluarkan izin penjualan batu sungkai.Jadi jika saat ini masih ada batu sungkai dari Merangin yang dijual keluar berarti itu barang ilegal.

Tidak dikeluarkannya izin ini karena ada pencanangan kawasan geopark di kawasan Biuku Tanjung, yaitu di Air Batu dan Teluk Wang. Dengan adanya rencana tersebut, maka tidak diizinkan lagi ada fosil-fosil yang diperjualbelikan, termasuk batu sungkai, karena itu juga merupakan fosil.

Batu Sungkai memang paling banyak ditemukan di kawasan tersebut. Batu ini terdapat hampir di sepanjang tepi sungai Batang Merangin, dan ada juga yang berada di dalam sungai.[pbt]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT